by

Dewan Jabar M Ichsan Cek Buratas Jawa Barat dan Dapat Temuan Mengkhawatirkan

Bandung, Inionline.id – Komisi IV DPRD Jawa Barat melakukan inspeksi ke Buratas (Bus Rapid aman dan sehat) yang berjumlah 10 unit bantuan Provinsi Jawa Barat dengan trayek mulai dari terminal Leuwipanjang hingga Ciparay pada Rabu 3 Juli 2022 kemarin.

Mochamad Ichsan Maoluddin atau yang akrab disapa M Ichsan selaku anggota Komisi IV menemukan fakta yang cukup mengkhawatirkan dimana kondisi terminal Ciparay sangat jauh dari ekspektasi dari sebuah terminal pada umumnya.

“Jadi terminal Ciparay ini tipe C di bawah kewenangan Kabupaten Bandung, posisinya di dalam pasar jadi kendaraan tidak bisa masuk ke terminal karena badan jalan sudah dipenuhi oleh pedagang,” ungkapnya.

Hal tersebut menjadikan masalah dimana setiap jam keberangkatan pagi terjadi delay alias keterlambatan karena harus menunggu sampai akses menuju terminal bisa dibuka.

Selain itu, halte transit Buratas di beberapa titik dinilai M Ichsan terlalu samar-samar atau bisa dibilang tidak terlihat sepertu halte pada umumnya, hal ini ditenggarai akibat ketersediaan lahan yang ada.

Namun secara fisik bus sendiri M Ichsan menyatakan Buratas sudah cukup proper untuk sebuah moda transportasi angkutan umum.

Kemudian dirinya pun sudah mendapat kepastian terkait gesekan dengan angkutan lain yang sudah lebih dulu eksis. M ichsan menyebutkan walau diawal terjadi dinamika antara Buratas dengan kendaraan umum lain, namun saat ini hal tersebut sudah tidak terjadi lagi.

“Karena niat dari provinsi itu ingin berikan pelayanan, sehingga aman tidak ada potensi untuk saling berebut trayek, kemarin sempat ditanyakan di awal-awal memang setelahnya biasa dan aman,” tukasnya.

Dirinya pun berharap Buratas ini tidak hanya ada di Bandung raya saja namun meluas hingga ke 27 kota-kabupaten di Jawa Barat.

“Selain Bandung Raya, mungkin daerah-daerah seperti Cirebon karena dalam waktu dekat ini ada terminal tipe B di daerah Ciledug-Cirebon yang akan dibangun, sudah dianggarkan itu juga akan difasilitasi dengan kendaraan tersebut,” pungkasnya kepada awak media, Sabtu (06/08/2022).