by

Dewan Erni Sugiyanti Pertanyakan Kerjasama Pariwisata dan UMKM Jawa Barat Dengan Sumbar

Jakarta, Inionline.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Erni Sugiyanti mempertanyakan kerjasama Pemerintah daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) khususnya dalam bidang pariwisata dan UMKM.

Erni menilai, Gubernur Ridwan Kamil harusnya punya konsep yang jelas serta lebih fokus lagi menyelesaikan masa jabatannya yang tersisa satu tahun lagi dimana justru ada janji-janji kampanyenya yang belum terlaksana.

“Untuk apa ?, kalau sama Sumatera Barat itu lebih bagus Jawa Barat, secara infrastruktur oke kemudian ragamnya lebih banyak, kunjungan juga lebih banyak ke kita (Jawa Barat) baik dalam negeri maupun luar negeri trus apa yang mau dilihat,” ujarnya.

Politisi PKB ini justru menyarankan kepada Emil sapaan akrab Ridwan Kamil untuk lebih intens menjalin kerjasama dengan Pemda Provinsi yang memang daerahnya sudah menjadi kawasan wisata berlevel internasional seperti Bali dan Yogyakarta.

“Kalau mau dilihat itu adalah konsistensi Pemerintah daerahnya Yogyakarta, kepedulian terhadap UMKM kaitannya juga dengan pariwisata itu penting, kalau dia melihat kesana kemudian tentunya Bali, bagaimana kemudian Bali bisa menjaga betul tradisi budaya dan itu kemudian malah dijadikan situs-situs kunjungan pariwisata,” kata Erni.

Akhirnya Erni Sugiyanti menjadi tidak paham konteksnya kerjasama Jawa Barat dengan Sumatera Barat.

“Mungkin apakah ada kerja sama yang lain, apakah misalnya berkaitan dengan sumber daya alam atau apa saya tidak tahu, tapi jika kaitannya dengan pariwisata harusnya Jawa Barat jauh lebih maju, anggaran kita juga lebih besar,” ungkapnya.

Timbul dugaan dari aleg Komisi III DPRD Jabar ini ada kemungkinan Ridwan Kamil juga mengkampanyekan dirinya dimana Emil juga masuk dalam bursa calon presiden 2024.

“Iya mungkin cari suara disana, tapi saya tidak mau berasumsi seperti itu karena sebenarnya tugas dia masih sebagai Gubernur, karena masih punya tugas sebagai Gubernur harusnya bisa melihat prioritas daerah yang harus dikunjungi, kalau dia berkunjung ke Bali juga sama dengan ke Sumatera Barat misalnya atau dia sudah tidak yakin dengan bali sehingga tak memungkinkan kesana,” tukasnya.

Erni melanjutkan, “Tetapi apapun itu, dia (Ridwan Kamil) masih punya tanggung jawab sebagai kepala daerah, kepala Pemerintahan di Jawa barat maka harusnya mementingkan urusan yang lebih besar, jadi jika mau mengunjungi daerah harus melihat efeknya untuk Jawa barat,” pungkasnya, Selasa (09/08/2022).