by

Untuk Mahasiswa Baru, 7 Hal Ini yang Perlu Diperhatikan Jelang Perkuliahan

Inionline.id – Mahasiswa baru pasti sedang bertanya-tanya, kira-kira apa saja hal yang dibutuhkan saat masuk kuliah? Tentunya diperlukan banyak hal, tidak hanya materi, namun mental untuk menghadapi lingkungan perkuliahan.

Perubahan sekecil apa pun seharusnya dipersiapkan sebaik mungkin. Jika tidak, hal ini akan memengaruhi pembelajaran saat perkuliahan berlangsung.

Selain mental, alangkah baiknya mempersiapkan diri dengan menyiapkan resolusi atau hal yang ingin diraih dalam perkuliahan. Apalagi di masa pasca pandemi sekarang, banyak kebijakan baru di perguruan tinggi, membuat sering merasa bingung.

Berikut tujuh hal yang harus dipersiapkan mahasiswa baru sebelum masuk perkuliahan:

1. Pahami tentang KRS

Pada saat duduk di bangku SMA, Sobat bisa langsung datang, duduk dan belajar mata pelajaran yang sudah tersedia. Namun, pada saat duduk di bangku kuliah hal ini sangat berbeda karena harus mendaftarkan mata kuliah yang ingin ambil atau KRS.

KRS merupakan kependekan dari Kartu Rencana Studi, yang berarti daftar mata kuliah yang ingin diambil dan dipelajari oleh seorang mahasiswa selama satu semester.  KRS dapat dikatakan sebagai tiket serta pedoman untuk mengikuti perkuliahan. Sobat dapat mengetahui mata kuliah dan jadwal yang diambil selama satu semester dengan KRS.

2. Perhatikan cara mengisi KRS

Dalam KRS, selalu tercantum nama, nomor induk mahasiswa, angkatan, jurusan yang diambil, mata kuliah serta SKS satu semester yang dapat diambil. Pastikan bahwa hal ini tertulis dengan benar dan sesuai.

Pengisian KRS harus sesuai dengan ketentuan kampus yang berlaku. Biasanya ada ketentuan khusus yang berlaku, seperti mata kuliah wajib, pilihan serta prasyarat yang harus diambil sebelum dapat mengikuti mata kuliah lainnya.

Jika masih bingung, Sobat juga dapat berkonsultasi kepada pembimbing akademik ataupun dosen wali. Dosen wali adalah seseorang yang mirip dengan wali kelas saat bersekolah.

Mereka akan membimbing dan mengarahkan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Kalau ada masalah dengan mahasiswa, biasanya dosen wali mahasiswa tersebut yang pertama kali dihubungi.

3. Tumbuhkan motivasi dan semangat baru

Mempersiapkan perkuliahan tidak selalu akan berkutat dengan buku, namun juga bisa diawali dengan motivasi serta semangat dalam perkuliahan. Bila tidak memiliki semangat di awal semester, akan semakin besar kemungkinan putus asa saat mengalami hambatan dalam perkuliahan.

Orang yang bisa memberikan dukungan penuh kepada kita atau support system juga sangat diperlukan. Support system bisa berasal dari mana pun, baik keluarga, sahabat dekat, maupun teman kuliah.

4. Buat target yang ingin dicapai

Sobat Medcom dapat menuliskan daftar hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada saat mengawali semester baru. Hal ini akan dilakukan agar target-target yang diinginkan saat menjalani perkuliahan dapat tercapai.

Bersamaan dengan target, Sobat Medcom juga dapat menulis cara apa yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut. Dengan hal ini, target bisa dilakukan secara lebih terarah.

5. Coba kenali dosen yang mengajar

Mengenali dosen adalah salah satu trik yang tidak banyak diketahui mahasiswa baru, namun sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan tiap dosen memiliki karakteriktik yang berbeda, baik itu dalam mengajar maupun dalam memberikan nilai kepada para mahasiswa.

Sobat Medcom dapat menanyakan kepada kakak kelas ataupun melakukan pengamatan untuk mengetahui karakteristik masing-masing dosen. Hal ini penting dilakukan agar mengetahui apa yang boleh dan tidak dilakukan saat belajar dengan dosen tertentu.

6. Disiplin jadwal dan waktu

Sikap disiplin dan disiplin waktu merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam perkuliahan. Dengan mengikuti jadwal kelas serta terpaku pada target yang diraih, nilai bagus biasanya akan menunggu di akhir semester.

Tidak peduli, offline maupun online, target dan disiplin jadwal harus tetap berjalan. Untuk itu, Sobat Medcom juga dapat memastikan semua berjalan sesuai dengan strategi dan rencana.

7. Upgrade skill

Untuk dapat meningkatkan keterampilan diri sendiri maupun mengelola waktu dengan baik, Sobat Medcom dapat mengikuti banyak kegiatan di luar perkuliahan. Kegiatan ini dapat berupa organisasi kemahasiswaan, pelatihan online, serta magang.

Sebisa mungkin, jangan menjadi mahasiswa “kupu-kupu” atau kuliah lalu pulang. Sebaliknya, carilah pengalaman sebanyak mungkin dengan kegiatan yang dapat memperkuat keterampilan kita.