Reses di Leuwiliang Bogor, Dewan Jabar Supono Serap Aspirasi Saluran Irigasi Yang Kerap Banjir

Antar Daerah257 views

Bogor, Inionline.id – Legislator DPRD Jawa Barat fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) H. Supono menggelar reses III tahun sidang 2021-2022 di Desa Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Kamis (14/07/2022).

Dalam sesi tanya jawab, Ahmad Kosasih selaku kepala dusun 3 Desa Leuwiliang mengeluhkan terkait minimnya saluran irigasi tersier.

“Di wilayah 3 ini permasalahan kami sebetulnya itu minimnya irigasi tersier, karena wilayah kami ini rentan banjir, karena posisinya berada di lembah khususnya wilayah RW 4 dan RW 3 itu posisi irigasi sekarang ini saya kira juga tidak tahu permasalahan utamanya apa,” ungkapnya.

Kosasih menganalisa, ada penyusutan di irigasi tersier yang mana dampaknya baru dirasakan di periode sekarang.

“Jadi kalau hujan itu naik airnya dan banjir, karena mungkin awalnya kurang kontrol sehingga masyarakat pun salah karena membangun terlalu menjorok ke irigasi itu, jadi kami mohon nanti bapak di Jabar ini dalam sidang itu mohon untuk Desa Leuwiliang ini diprioritaskan pembangunan irigasi khususnya irigasi tersier,” pintanya.

Menanggapi aspirasi tersebut, H. Supono mengatakan bahwa aspirasi irigasi tersier ini adalah kebutuhan mendasar masyarakat.

“Biasanya saluran air dan lainnya untuk irigasi atau juga untuk di tebing penahan tanah, jadi itu dua hal yang terkait, aspirasi ini harus menjadi perhatian guna mengendalikan bencana dan untuk pertanian atau perkebunan itu sangat penting, baik irigasi maupun tanggul penahan tanah, itu ternyata hampir disetiap tempat,” tuturnya.

Supono pun memastikan bahwa aspirasi ini akan menjadi pandangan fraksi untuk selanjutnya didorong kepada instansi atau dinas terkait guna menyelesaikan masalah irigasi di Desa Leuwiliang.