Pelebaran Jembatan Otista, Achmad Ru’yat: Sudah Masuk RKPD Jabar Anggaran 2023

Antar Daerah257 views

BOGOR, Inionline.id – Penyempitan jalan di jembatan Otto Iskandardinata (Otista) Kota Bogor sering dikatakan menjadi sumber kemacetan di Kota Bogor.

Melalui bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat wacana pelebaran dan perbaikan jembatan sempat menguat pada 2020. Lantaran terkena refocusing Covid-19 hal tersebut tak kunjung terlaksana.

Rencana itu kembali mengemuka dan disebut bakal terlaksana pada tahun depan alias 2023, setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali mengajukan dana bantuan dari Pemprov Jabar. Bahkan Pemkot Bogor sudah melakukan pembebasan lahan di sekitar jembatan yang tak jauh dari Istana Bogor tersebut.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Achmad Ru’yat mengatakan rencana pelebaran dan perbaikan jembatan Otista sudah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jawa Barat untuk tahun anggaran 2023.

Baca juga  Rapat dengan Kadisdik, Achmad Ru’yat: BPMU Madrasah Aliyah Disamakan dengan SMA dan SMK

“Untuk rencana di 2023, (perbaikan dan pelebaran Jembatan Otista) sekarang sedang dalam pembahasan di dalam penyusunan RKPD. Musrenbang juga sudah berjalan. Ya kita lihat nanti, karena prosesnya sedang berjalan,” ucap Ru’yat saat ditemui awak media di IICC Botani Square, Kota Bogor, Kamis (30/6/2022).

Untuk pelebaran dan perbaikan Jembatan Otista, kata mantan wakil wali Kota Bogor itu, sejatinya sudah sempat dianggarkan beberapa tahun lalu. Sebab, Jembatan Otista merupakan objek strategis yang berada di tengah kota dan membutuhkan perbaikan.

“Jembatan Otista kan sebetulnya sudah diusulkan pada 2020. Cuma karena ada pandemi Covid-19 dan target pendapatan Jabar juga tidak tercapai, ya akhirnya tidak dianggarkan,” katanya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengakui, pelebaran dan perbaikan jembatan Otista yang sudah ada sejak tahun 1940 itu harus tetap diperjuangkan untuk terealisasi.

Ia berharap hal itu bisa dilakukan melalui anggota DPRD dapil terkait, dalam hal ini Kota Bogor. Termasuk dirinya sebagai pimpinan DPRD Jabar.

“Harus diperjuangkan dan mudah-mudahan melalui dapil terkait, karena memang saya meskipun dari Dapil Kabupaten Bogor, tapi sebagai pimpinan, saya akan mendorong terus Jembatan Otista bisa dilebarkan agar tidak botleneck lagi,” pungkasnya.