by

Kolaborasi dengan Civitas Akademika, Kilang Pertamina Plaju Siapkan Dana Hibah Penelitian 15 Juta Rupiah, Mahasiswa dan Dosen Yuk Merapat!

Palembang, Inionline.id – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) mengundang para mahasiswa tingkat akhir dan dosen muda di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk turut serta dalam penelitian. Penelitian yang akan mengangkat lima pilihan tema spesifik ini nantinya akan diberi dana hibah total senilai Rp 15 Juta (Rp 3 Juta per penelitian).

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan hibah dana penelitian ini dimaksudkan untuk mendukung aktivitas pengembangan masyarakat (Community Development) binaan Kilang Pertamina Plaju yang ada di Kecamatan Plaju, Kota Palembang. “Kami mengundang para mahasiswa dan dosen untuk ikut meneliti di lokasi mitra binaan Kilang Pertamina Plaju,” tuturnya.

Hal ini, dikatakan Rachmi, merupakan wujud kolaborasi antara perusahaan dan unsur akademisi dalam rangka menciptakan pemberdayaan masyarakat yang berbasis keilmuan dan didukung oleh riset ilmiah. “Sehingga dampak yang akan dihasilkan semakin maksimal dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat,” sambungnya.

Mahasiswa dan dosen dapat memilih lima tema untuk diteliti antara lain (1) Efektivitas pemanfaatan limbah tempe untuk pakan ternak/unggas/ikan; (2) Efektivitas pemanfaatan limbah tempe dalam bentuk pupuk organik cair pada pertumbuhan tanaman; (3) Analisis dampak dan kontribusi positif program pemberdayaan masyarakat; (4) Pemanfaatan EcoEnzym dari limbah rumah tangga dan industri kecil; dan (5) Analisis pengembangan potensi ekonomi berkelanjutan dari industri kecil produsen tempe.

Syaratnya, peneliti harus merupakan mahasiswa akhir atau dosen muda yang berasal dari jurusan relevan dengan penelitian yang diusulkan, bisa meneliti secara individu atau berkelompok maksimal 3 (tiga) orang. Masing-masing peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 (dua) proposal, serta bersedia melakukan penelitian di Kota Palembang, khususnya di lokasi mitra binaan lokasi mitra binaan Kilang Pertamina Plaju.

Selanjutnya, peserta mengirimkan usulan proposal penelitian berdasarkan pilihan tema spesifik ke email [email protected] paling lambat pada Jumat (29/07/2022). Adapun format penelitian tidak dibatasi, dapat dibuat sekreatif mungkin, namun harus dapat diterbitkan minimal pada jurnal nasional hingga internasional (Tidak ada batasan minimal akreditasi jurnal). Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat mengikuti Instagram @pertamina_ru3.