Ini 10 Oleh-oleh Khas Malang Ini Wajib Anda Cicipi dan Bawa Pulang

Inionline.id – Kota Malang menjadi salah satu destinasi wisata favorit baik untuk wisatawan dalam maupun luar negeri. Kota yang berada di Jawa Timur ini terkenal dengan banyaknya tempat wisata dan udaranya yang sejuk. Selain itu, Malang juga memiliki banyak makanan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Berbagai kuliner khas tersebut bisa Anda langsung cicipi langsung atau bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Malang, berikut adalah beberapa makanan khas yang bisa Anda coba.

1. Sari Apel

Malang merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan hasil buah apelnya. Nah, salah satu olahan apel yang paling sering dijadikan oleh-oleh dari Malang adalah sari apel.

Saat ini, ada banyak sekali produsen yang menghasilkan produk sari buah, namun kamu harus berhati-hati dalam memilihnya supaya tidak keliru memilih sari buah dengan bahan pengawet di dalamnya.

2. Keripik ceker

Olahan gurih satu ini juga wajib kamu bawa jika pulang dari Malang. Dengan kandungan mineral tinggi seperti kalsium, kolagen, dan asam amino, keripik ceker cocok untuk di makan seluruh anggota keluarga.

Keripik ceker dijual dalam beragam ukuran mulai dari ukuran kecil sampai besar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Roll Tart dan Spiku

Kue Spiku. (Dok: Toko Kue Gaya Baru Malang)
Kue Spiku. (Dok: Toko Kue Gaya Baru Malang)

Kue ini bisa Anda dapatkan di Toko Kue Gaya Baru yang 6 outletnya tersebar di Kota Malang salah satunya di Jalan Laks. Martadinata 83.

Spiku bisa dikatakan sebagai Lapis Legit @gayabarumalang. Aromanya harum di setiap gigitan.  Produk Spiku hadir dalam 4 pilihan, yaitu Spiku Legit, Spiku Lapis 3, Spiku Nastar, dan Spiku Lapis Legit.

Apabila Anda ingin membawa Spiku ke kota lain, maka Anda bisa memilih produk yang dikemas dalam bentuk vacuum, sehingga memiliki daya tahan 1 bulan sejak dilakukan pengiriman.

Satu lagi produk andalan Gaya Baru Malang, yaitu Roll Tart. Di sini tersedia varian roll, yaitu Mambo (Plain), Mocca, Zebra (Selai Nanas), Blackforest, dan Mocca Cokelat.

Nah, jika Anda mau bawa Spiku dan Roll Tart sebagai oleh-oleh, silakan pilih produk yang dikemas dalam bentuk vacuum, sehingga memiliki daya tahan 1 bulan ke depan.

Selain Roll Tart dan Spiku, ada beberapa kue khas Malang yang dari Toko Kue Gaya Baru, diantaranya Keripik Pisang, Tempe dan Bayam, kue lapis dan aneka kue basah.

4. Pia Mangkok

Pia Cap Mangkok. ( Instagram/@piacapmangkok)
Pia Cap Mangkok. ( Instagram/@piacapmangkok)

Selain Jogja, Malang juga dikenal dengan oleh-oleh bakpianya. Salah satu merk bakpia terkenal di Malang adalah Pia Mangkok.

Oleh-oleh satu ini mampu bertahan sampai 2 minggu sejak masa produksi. Kamu bisa dengan mudah menemukan Pia Mangkok di Jalan Semeru 25.

Strudel merupakan salah satu olahan khas Austria berupa pastry yang diisi dengan aneka buah. Meski begitu, oleh-oleh Malang Strudel ini sudah dimodifikasi sehingga memiliki citarasa lokal yang cocok untuk lidah nusantara.

Salah satu outlet Malang Strudel terletak di kawasan Semeru, pusat Kota Malang.

6. Bakso beku

Bakso malang terkenal dengan kekenyalan dan kenikmatannya, apalagi ditambah dengan sensasi sambalnya. Kini, tak perlu kebingungan membawa Bakso Malang sebagai oleh-oleh karena telah tersedia Bakso Malang dalam bentuk beku.

Bakso beku ini dapat bertahan dalam hitungan bulan loh jika disimpan di lemari pendingin

7.  Jenang apel

Apel dan Malang memang sesuatu yang tak dapat dipisahkan. Setelah membuatnya dalam olahan keripik dan kue, kini juga tersedia olahan apel dalam bentuk jenang atau dodol.

Oleh-oleh satu ini juga termasuk dalam jajanan tradisional khas Malang, yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

8. Bakpao sayang

Bakpao Sayang. (Instagram/@bakpaosayang)
Bakpao Sayang. (Instagram/@bakpaosayang)

Makanan manis satu ini juga menjadi salah satu kuliner yang kerap diburu wisatawan. Selain bisa menikmatinya langsung saat berada di Malang, kamu juga bisa membawanya untuk oleh-oleh dalam bentuk beku.

Bakpao Sayang terdiri dari beragam selai dan juga kacang-kacangan yang tentu nikmat.

9. Putu Lanang

Kuliner khas Malang satu ini berasal dari kue beras yang diisi dengan gula merah dan taburan parutan kelapa. Rasa manis dalam setiap gigitan kue putu mampu menimbulkan rasa ketagihan.

Salah satu putu terkenal di Malang dapat kamu temukan di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu Rt 03, Samaan, Klojen.

10. Madu klanceng

Seperti yang kita tahu, madu merupakan salah satu olahan yang memiliki beragam khasiat. Salah satu madu terkenal di Malang adalah Madu Klanceng yang dibanderol dengan harga Rp130.000 sampai Rp150.000 tiap botolnya.

Demikian 10 makanan khas Malang yang bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh, saat membeli jangan lupa ya untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya.