Gerindra Menggelar Forum Khusus Umumkan Cawapres Prabowo Setelah Rapimnas

Politik157 views

Inionline.id – Partai Gerindra akan menggelar forum khusus untuk mengumumkan calon wakil presiden yang mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Forum itu rencananya akan digelar setelah Gerindra menggelar Rapimnas akhir bulan Juli ini.

“Kami selenggarakan lagi satu forum sesuai dengan anggaran dasar anggaran rumah tangga, setelah Rapimnas, untuk mengumumkan soal calon wakil presiden,” ujar Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/7).

Dasco mengaku belum tahu apakah ada satu atau lebih nama bakal calon wakil presiden yang diumumkan. Tergantung bagaimana perkembangan dalam forum tersebut.

“Lah saya belum tau ya nanti apakah berkembang situasi, tapi yang pasti kita akan bikinkan forumnya,” tegas wakil ketua DPR RI ini.

Sementara itu, Rapimnas Gerindra akhir Juli akan mengumumkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

“Kami akan rapimnas pada akhir Juli, setelah itu setelah rapimnas kita akan umumkan Prabowo sebagai capres dari Gerindra,” tegas Dasco.

Gerindra Sudah Kantongi Nama Cawapres Prabowo

Gerindra menegaskan akan mengusung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) dari Gerindra. Tak hanya itu, Gerindra juga sudah mengantongi nama calon wakil presiden (cawapres) untuk dipasangkan Prabowo.

“Nama (cawapres) sudah di kantong,” kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (5/6/2022).

Meski demikian, Dasco tidak mau membeberkan nama cawapres dari Gerindra. Dasco menjelaskan deklarasi capres baru akan dilakukan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) Gerindra yang akan digelar akhir Juli mendatang.

“Jadi mekanisme di Partai Gerindra bahwa untuk forum memunculkan nama capres itu harus dilakukan di forum setingkat munas, yaitu di rapimnas, dalam rapimnas kemudian akan ditanyakan atau jawaban ke Pak Prabowo tentang ketersediaan, dicapreskan oleh Partai Gerindra,” kata Dasco.

Tak hanya nama Capres, Dasco menyebut dalam rapimnas akan juga dibahas terkait koalisi partai. “Untuk rapimnas, koalisi kita akan bahas dengan partai partai,” ucapnya.

Sementara itu, nama cawapres belum akan diumumkan pada forum Rapimnas, Dasco menyebut akan ada forum lain usai rapimnas.

“Mekanisme pencawapresan dan lain-lain itu ada forum yang akan dibuat untuk itu setelah rapimnas, sehingga pada saat rapimnas nanti hanya akan diumumkan soal capres saja,” katanya.

Wakil Ketua DPR Itu mengaku tak bisa mengungkap detail siapa cawapres yang akan diusung Gerindra. “Saya tidak bisa bicara, mengenai masalah cawapres lebih lanjut karena sesuai anggaran dasar hal ini akan dibicarakan setelah rapimnas, walaupun nama sudah di kantong,” pungkasnya.