Simak Tujuan dan Prospek Kerjanya Ketika Masih Bingung Ingin Kuliah Jurusan Musik

Pendidikan157 views

Inionline.id – Banyak orang berpikir belajar musik bisa dilakukan dengan otodidak, lantas untuk apa kuliah di jurusan Musik. Kuliah di jurusan Musik mempunyai prospek cerah.

Berikut penjelasan lengkapnya dikutip dari gokampus.com:

Belajar apa di jurusan Musik?

Sobat Medcom tentunya akan mempelajari musik secara dalam dan serius. Mulai dari sejarah musik, teori musik, aspek-aspek musik, seperti melodi, ritme, dan harmoni, serta aliran-aliran musik, seperti pop, rock, jazz, musik tradisional, dan sebagainya.

Sobat Medcom akan bertemu dengan berbagai mata kuliah, seperti Teori Musik, Teori Bentuk Musik, Sejarah Musik, Koor/ Orkes/ Ensambel, Instrumen Dasar Piano, Baca Partitur, Solfegio, Kontrapung, Harmoni, Instrumen Mayor, Kondakting, Kritik Musik, Analisis Bentuk Musik, dan sebagainya.

Saat kuliah, Sobat Medcom akan diminta memilih instrumen mayor yang akan dipelajari secara mendalam, misalnya piano, gitar, biola, violin, cello, terompet, saxophone, perkusi, hingga vokal.

Prospek jurusan Musik

Kuliah di jurusan Musik tentu saja bisa membuat Sobat Medcom menjadi musisi. Bekal ilmu yang didapat selama kuliah tentu jauh lebih lengkap ketimbang musisi yang belajar otodidak. Meskipun, ini belum tentu menjamin kesuksesanmu, setidaknya Sobat Medcom selangkah di depan mereka.

Seseorang yang berkuliah di jurusan Musik juga tak cuma menjadi komposer musik, vokalis, dan pemain musik. Masih banyak profesi lain yang tersedia di industri musik, seperti soundman, music director, arranger, produser musik, pengamat musik, dan masih banyak lagi.

Jurusan Musik juga punya banyak jenis. Ada yang mempelajari musik bersama seni drama dan tari, membuat peluang Sobat Medcom menjadi lebih besar lagi. Untuk Sobat Medcom yang ingin menjadi guru/dosen seni musik, tentu saja bisa mengawali langkah melalui jurusan ini.

Kuliah jurusan Musik

Ada beberapa universitas yang menyediakan jurusan Musik, berikut daftarnya:

  1. Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  3. Universitas Negeri Semarang
  4. Sekolah Tinggi Internasional Konservatori Musik Indonesia
  5. Universitas Negeri Manado
  6. Universitas Negeri Makassar
  7. Universitas Pelita Harapan
  8. Institut Seni Indonesia Padang Panjang
  9. Institut Kesenian Jakarta – LPKJ
  10. Universitas Palangka Raya.

Itulah pembahasan mengenai kuliah di jurusan Musik. Tertarik kuliah di jurusan ini? Sobat bisa memilih universitas favorit dan paling cocok untukmu.