Saat Pandemi E-Commerce Merajai Pertumbuhan Ekonomi Digital

Ekonomi657 views

Inionline.id – Devi Ariyani Direktur Eksekutif Indonesia Services Dialogue Council (ISD) Council mengatakan sektor e-commerce mengalami pertumbuhan terbesar selama pandemi dibandingkan sektor ekonomi digital lainnya.

Hal tersebut membuktikan meski pandemi berlangsung, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mampu memanfaatkan platform belanja daring untuk mengembangkan bisnis mereka.

“Artinya, di masa pandemi para pedagang UMKM itu mampu mencatat pertumbuhan meski berada dalam pandemi. Ini kita lihat pertumbuhannya e-commerce 52 persen,” kata Devi pada media briefing, Selasa (14/6).

Berdasarkan laporan bertajuk Outlook Ekonomi Digital yang dirilis oleh Bain Analysis, sektor e-commerce mencatatkan pertumbuhan terbesar yang mencapai 52 persen, diikuti oleh sektor media online 48 persen, makanan dan transport 36 persen, dan travel online 29 persen.

Menurut Devi, keempat subsektor yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi dari ekonomi digital ini sangat erat kaitannya dengan sektor jasa yang terus tumbuh dan berkontribusi besar terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

Sebab, usaha yang mampu bertahan di kala pandemi adalah perusahaan yang sukses dalam mengadopsi atau bertransformasi digital.

“Ternyata teknologi ini memainkan peran penting untuk efisiensi dan produktivitas sektor jasa. Artinya teknologi digital ini sudah menjadi sesuatu yang tidak mungkin dihindarkan, kita memang harus bertransformasi agar bisa bertahan dan mencatat pertumbuhan,” lanjutnya.