PAN Ungkapkan Kandidat Capres KIB dari Eksternal: Ada Ganjar dan Puan

Politik057 views

Inionline.id – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memantapkan barisan untuk menyongsong Pemilu 2024. KIB tengah meneropong sosok-sosok yang berpotensi diusung sebagai calon presiden di Pilpres nanti.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyebut, KIB akan memprioritaskan tiga ketum parpol untuk diusung sebagai capres atau cawapres. Namun, tidak menutup kemungkinan KIB mengusung tokoh di luar KIB.

Dia mengungkap, ada beberapa nama di luar dari koalisi yang nantinya akan diusung. Termasuk Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

“Dari eksternal ada Erick Thohir. Ada juga Mbak Puan, Mas Ganjar, dan Mas Anies,” kata Viva, saat dihubungi, Minggu (12/6).

Kandidat dari Internal

Lebih lanjut, Viva mengungkapkan, PAN juga menyodorkan Ketua Umumnya Zulkifli Hasan untuk maju menjadi capres di 2024.

Bahkan, masing-masing partai politik yang tergabung dalam KIB seperti Partai Golkar akan mengusung Ketua Umumnya Airlangga Hartarto dan PPP juga menjagokan Ketua Umumnya Suharso Monoarfa sebagai capres di 2024.

“Dari internal KIB, 3 ketua umum partai politik dicalonkan di pilpres. KIB memprioritaskan calon dari internal,” ungkapnya.

Namun, ia menyampaikan, KIB tidak terburu-buru untuk mendeklarasikan nama-nama tersebut ke publik. Sebab, saat ini tengah fokus merapikan barisan sampai ke tingkat akat rumput di basis konstituennya masing-masing.

“Ya ditunggu waktu yang tepat dan hari baik yang cocok untuk sebuah kemenangan di pilpres 2024,” ujarnya.