Mengenali 3 Bentuk Telapak Kaki dan Jenis Sepatu yang Paling Cocok Digunakan

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kaki merupakan bagian tubuh kita yang paling penting dalam aktivitas fisik sehari-hari. Kaki penting untuk menopang tubuh dan membantu mobilitas kita sehari-hari dalam beraktivitas.

Normalnya, tiap hari kaki kita akan menempuh ribuan langkah. Terjadinya langkah baik dalam jalan dan lari yang kita lakukan ini bisa memberi beban lebih kuat pada kaki.

Beban ini bisa sangat tertumpu pada telapak kaki kita karena merupakan bagian tubuh yang berada di paling bawah. Hal ini bisa memunculkan masalah jika kita tidak menggunakan alas kaki baik sepatu atau sandal yang tepat.

Pemilihan sepatu yang tepat ini bisa sangat berpengaruh dalam mencegah masalah kaki lebih lanjut. Memilih sepatu yang tepat ini bisa dilakukan terlebih dahulu dengan mengetahui bentuk telapak kaki yang kita miliki.

Secara umum, terdapat tiga jenis bentuk telapak kaki yang penting kamu ketahui. Dilansir dari letsgetfit, berikut sejumlah bentuk telapak kaki dan jenis sepatu yang tepat untuk digunakan.

1. Kaki Datar (Pronation)

Pada bentuk telapak kaki ini, lengkungan di bagian tengah telapak kaki cenderung datar. Bentuk telapak kaki seperti ini bisa memberi tekanan lebih besar pada struktur kaki dalam.

Pada pemilik jenis kaki ini, penggunaan sepatu biasa bisa membuat bentuknya sedikit tertekut ke dalam. Pemilik bentuk telapak kaki ini rentan mengalami masalah metatarsal, plantar fasciitis, Achilles tendonitis, sakit patellar, dan sakit pinggang.

Jenis Sepatu yang Tepat: Pilih motion control shoes yang memang dibuat untuk menopang beban berat dan kaki datar. Sepatu ini cenderung lebih berat dan kurang fleksibel sehingga membantu menstabilkan kaki.

2. Kaki Berlengkung Tinggi (Supinator)

Tipe supinator atau high arched foot merupakan kondisi kaki dengan lengkungan tengah tinggi. Bentuk telapak kaki ini cenderung membuat telapak kaki kurang fleksibel dengan beban yang bertumpu pada bagian luar kaki.

Pada seseorang dengan bentuk kaki ini, sol bagian luar kaki cenderung lebih cepat tergerus. Masalah yang muncul pada pemilik kaki bentuk ini adalah fraktur stres pada tibia atau femur, Achilles tendonitis, dan plantar fasciitis.

Jenis Sepatu yang Tepat: Pemilik jenis kaki ini perlu menggunakan sepatu dengan bantalan yang bisa menyerap guncangan. Jenis sepatu dengan shock absroption juga bisa mengurangi dampak yang bisa muncul ke tubuh bagian atas.

3. Bentuk Kaki Netral

Bentuk kaki ini merupakan bentuk telapak kaki yang paling ideal bagi strutrus kaki. Pada bentuk kaki ini, beban tubuh seseorang bisa terbagi secara merata pada telapak kaki.

Bentuk kaki netral bisa memberi seseorang peredam guncangan alami yang tepat dan juga kestabilan yang lebih baik. Pemilik bentuk kaki ini cenderung juga memiliki kapalan lebih sedikit di telapak kaki.

Jenis Sepatu yang Tepat: Pemilik jenis kaki ini bisa memperoleh manfaat dari jenis stability shoe. Jenis sepatu ini paling tepat melindungi telapak kaki pemilik bentuk kaki ini.