Kementan Sebut Indonesia Tidak Mempunyai Cadangan Ayam dan Telur

Berita057 views

Inionline.id – Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan Indonesia tidak memiliki cadangan bahan pangan yang mengandung protein saat ini, seperti ayam dan telur ayam.

“Sampai hari ini cadangan protein nasional itu tidak ada, nol. Kalau ada apa-apa outbreak ayam, sekarang tidak ada cadangan dari ayam dan telur,” ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah di Gedung KPPU, Kamis (9/6).

Saat ini, surplus bahan pangan mengandung protein hanya 5 persen-10 persen. Padahal, negara seharusnya memiliki surplus protein minimal 20 persen-30 persen.

“(Sebanyak) 20 persen-30 persen paling tidak harus punya. Kami hitung surplus 5 persen, maksimal 10 persen,” jelas Nasrullah.

Namun, pasokan itu bukan dimiliki pemerintah, melainkan peternak. Maka dari itu, ia meminta KPPU untuk mendorong pemerintah membuat cadangan protein.

Menurut dia, BUMN sektor pangan bisa menjadi salah satu pihak yang membuat cadangan protein. Hanya saja, belum ada pembahasan secara nyata terkait hal itu.

“Belum tahu bentuknya nanti, semua bisa. BUMN melaksanakan cadangan juga bagus,” jelas Nasrullah.