Kemenparekraf RI Gandeng Komisi X DPR RI Jalankan Program BISA Di Cimande Bogor

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) bekerjasama dengan Komisi X DPR RI memberikan program Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di Padepokan Silat Cimande, Kebun Lidah Buaya, Kabupaten Bogor, Kamis (16/06/2022).

Ditemui saat acara berlangsung, anggota Komisi X DPR RI Fahmy Alaydroes menyatakan bahwa, Program BISA diharapkan dapat menjadi stimulus bagi kebangkitan geliat industri pariwisata. Khususnya, desa wisata Cimande, yang sangat kaya akan potensi budaya pencak silat dan spesialis pengobatan patah tulang yang sudah terkenal sejak dulu kala.

“Cimande berpotensi menjadi desa wisata berbasis budaya, utamanya pencak silat dan pijat urut patah tulang. Perlu ditata menjadi desa yang layak dikunjungi, dengan menata desa menjadi bersih, indah, sehat dan aman. Mesti dibuat dulu konsepnya dengan melibatkan ahli tata ruang, eksterior, dan ahli branding. Dinas Kebudayaan dan Pariwisat Kabupaten Bogor wajib memfasilitasi,” ucapnya kepada awak media.

Politisi PKS ini pun berharap, Desa Cimande bisa menjadi desa wisata yang berkelas internasional.

“Saya berharap gerakan BISA, yang disimbolisasi melalui acara yang diselenggarakan oleh kemenparekraf dan Komisi X DPR RI ini, untuk kemudian ditindak-lanjuti oleh Dinas BudPar Kabupaten Bogor. Desa Cimande mesti ditata dan dikelola, sesuai standar yang seharusnya, agar menjadi desa wisata berkelas nasional,” tukasnya.

Fahmy pun menambahkan bahwa advokasi dirinya tidak hanya terhenti di program BISA, beberapa bulan mendatang desa-desa lain di Kabupaten Bogor akan di masukan program-program lain seperti Bimtek dan Desa Wisata.