Jokowi Resmi Melantik 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri Baru

Berita057 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru. Mereka yang dilantik mulai dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) hingga elite PSI Raja Juli Antoni.

Pelantikan menteri dan wakil menteri itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pelantikan disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden. Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan wakil menteri.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang baru dilantik. Diikuti oleh sejumlah menteri dan tokoh yang hadir.

Hadir dalam pelantikan ini antara lain Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, hingga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Berikut menteri dan wakil menteri yang dilantik Jokowi:

Menteri

1. Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan
2. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN

Wakil Menteri

1. Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR /BPN
2. John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri)
3. Sekjen PBB Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker)