Ini 7 Rekomendasi Makanan Tradisional Khas Sunda yang Melegenda

Inionline.id – Selain keindahan alamnya, tanah Pasundan juga dikenal dengan makanan tradisionalnya yang beragam. Mulai dari olahan mie, sayur, sampai daging semua ada di daerah yang berada di Jawa Barat ini.

Jika Anda sedang berada di Sunda atau berencana ke sana, jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan berikut supaya tidak menyesal.

7 Rekomendasi Makanan Tradisional Khas Sunda yang Melegenda.

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom dengan lauknya pepes ayam kemangi.
Nasi tutug oncom dengan lauknya pepes ayam kemangi.

Membicarakan makanan tradisional khas Sunda rasanya tidak bisa dilepaskan dari nasi tutug oncom. Makanan yang banyak ditemukan di Tasikmalaya ini memiliki rasa yang gurih lengkap dengan baunya yang wangi daun  kemangi.

Sebagai lauknya, nasi tutug oncom biasa dilengkapi dengan ayam goreng, tahu, tempe, lalapan, dan sambal.

2. Mie Kocok

Sesuai dengan namanya, salah satu ciri khas olahan mie satu ini ada pada cara pembuatannya. Sebelum disajikan, mie kocok akan dimasak dengan wadah khusus sambil dikocok-kocok dan dicelupkan ke air panas.

Setelah itu, mie akan disajikan lengkap dengan tauge rebus, bakso, potongan kikil, serta taburan seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

3. Empal Gentong

Empal Gentong. (Shutterstock)
Empal Gentong.

Makanan tradisional khas Sunda selanjutnya adalah empal gentong. Dengan kuah santan yang dimilikinya, rasa gurih akan menjadi kombinasi sempurna dengan potongan daging serta babat yang empuk.

Satu mangkuk empal gentong biasa disajikan dengan nasi, lontong, atau kucai. Empal gentong juga menjadi menu andalan pada acara pernikahan.

4. Soto Mie Bogor

Soto mie Bogor merupakan salah satu makanan pasundan yang banyak ditemukan di daerah lain. Kombinasi antara mie kuning, potongan daging, risol, dan kol memang tidak pernah salah. Salah satu ciri khas dari makanan satu ini adalah kuahnya yang sedikit asam karena perasan jeruk limau yang diberikan.

5. Tahu Gejrot

Tahu gejrot juga menjadi salah satu makanan yang banyak diburu asal Pasundan. Makanan ini terbuat dari potongan tahu yang disajikan dengan kuah pedas, manis, dan asam. Tahu gejrot cocok untuk Anda yang menyukai makanan pedas, karena disajikan juga dengan potongan cabai hijau. Pada penjual keliling, Anda dapat request jumlah cabai yang diinginkan.

6. Lotek

Makanan tradisional khas Sunda yang tidak boleh dilewatkan adalah lotek. Satu porsi lotek terdiri dari bermacam sayuran seperti tauge, kol,kacang panjang, dan kangkung yang sudah direbus. Setelah itu, mereka akan dicampur dengan kuah kacang yang lezat

Selain lotek, ada juga karedok. Keduanya sama-sama terbuat dari sayur dan kuah kacang, hanya saja sayuran karedok masih mentah.

7. Sate Maranggi

Bergeser sedikit ke Purwakarta, Anda akan dimanjakan dengan sate maranggi. Sate ini biasa menggunakan daging sapi dan kambing sebagai bahan utamanya. Sementara itu, untuk sambalnya, cukup menggunakan kecap dengan potongan acar saja.

Dagingnya yang empuk serta bumbunya yang kuat dan meresap membuat sate maranggi banyak diburu.