Ini 6 Kondisi yang Menjadi Penyebab Rambut Menipis Seiring Bertambahnya Usia

Kesehatan157 views

Inionline.id – Tanda-tanda bertambahnya usia seseorang bisa sangat dikenali dari kondisi fisik yang muncul. Hal ini bisa terlihat dari kondisi kulit atau rambut yang kita miliki.

Pada rambut, bertambahnya usia terutama ketika menjadi lanjut usia, terdapat sejumlah hal yang muncul. Salah satunya adalah berupa rambut yang semakin memutih.

Walau begitu, salah satu hal yang bisa terjadi sebelum rambut memutih ini adalah rontoknya rambut. Kondisi ini bisa sangat mengganggu dan membuat tampilan rambutmu semakin tipis.

“Sebagian besar orang mengalami kerontokan rambut selama proses penuaan. Menipisnya rambut ini juga bisa disertai dengan perubahan tekstur dan warna rambut,” terang Rohit Kakar, MD, direktur dari Orchard Lake Dermatology & Cosmetics di Orchard Lake, Michigan dilansir dari Livestrong.

Seiring kita menua, jumlah folikel pada fase pertumbuhan ini menurun menyebabkan rambut menjadi berkurang kepadatannya. Kondisi ini juga menyebabkan tiap lembar rambut semakin menipis sehingga menampilkan kondisi rambut yang menjadi tampak menipis.

Perubahan ini sebenarnya cukup normal dan bisa dialami oleh siapa saja. Sejumlah faktor bisa mempercepat menipisnya rambut ini dan memperburuk kondisi rambut yang kamu alami.

Sejumlah faktor ini bisa sangat mempengaruhi permasalahan rambut menipis yang kamu alami. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah hal yang bisa mempercepat kondisi rambut menipis seiring usia.

Genetik dan Menopause

1. Genetik

Menipisnya rambut seiring bertambahnya usia ini merupakan hal yang normal sebenarnya. Namun, ketika kamu memiliki keluarga yang juga mengalami masalah ini, maka kondisi ini bisa kamu alami lebih awal. Pada mereka dengan turunan kebotakan, masalah rambut menipis dan rontok ini bisa dimulai sejak remaja atau pertengahan usia 20.

2. Menopause

Perubahan hormon yang terjadi pada saat perimenopause dan menopause bisa menyebabkan rambut menipis. Menurunnya hormon estrogen dan progesteron pada wanita ini bisa meningkatkan dan memicu terjadinya rambut menipis.

Stres dan Konsumsi Obat Tertentu

3. Stres

Stres dan kecemasan terutama dalam jangka panjang yang dialami oleh tubuhmu bisa menyebabkan sejumlah perubahan pada tubuh termasuk pada rambut. Meningkatnya hormon kortisol akibat stres ini bisa berdampak negatif pada kulit dan rambut.

4. Konsumsi Obat Tertentu

Menipisnya rambut merupakan efek samping yang umum dari konsumsi obat tertentu. Hal ini biasanya muncul ketika mengonsumsi obat kanker, arthritis, depresi, penyakit jantung, asam urat, dan tekanan darah tinggi.

Masalah Tiroid dan Kurang Nutrisi

5. Masalah Tiroid

Masalah tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif bisa menyebabkan rambut menipis atau rontok. Hal ini untungnya bisa dicegah dengan menyeimbangkan tingkat tiroid.

6. Kurang Nutrisi

Rambut sebagian besar terbuat dari protein dan seiring waktu, kurang protein pada makanan bisa menyebabkan efek negatif. Hal ini bisa disebabkan ketika seseorang kurang makan sehingga lebih sedikit nutrisi yang masuk.

Sejumlah hal tersebut merupakan penyebab dari masalah rambut menipis seiring usia. Walau begitu, patut kamu sadari bahwa menua seiring usia merupakan hal yang pasti terjadi.