Ini 5 Kuliner Tasikmalaya yang Melegenda Ada Bubur Ayam sampai Pecel Oranye

Inionline.id – Tidak hanya lezat, beberapa tempat wisata kuliner di Tasikmalaya berikut juga melegenda. Meski sudah berdiri sejak tahun 1900-an, tempat makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena rasa nikmatnya yang konsisten sejak dulu kala.

Cita rasa yang ditawarkan pun cukup beragam dan pastinya menggugah selera. Jadi, ketika kamu singgah ke Tasikmalaya jangan sampai kelewatan untuk mencicipi berbagai makanan nikmat berikut!

5 Kuliner Tasikmalaya Melegenda, Wajib Dicoba!

1. Bubur Ayam Haji Zaenal

Sarapan bubur memang tidak pernah mengecewakan, maka jika kamu sedang di Tasikmalaya wajib hukumnya mencoba Bubur Ayam Hj.Zaenal.

Kuliner Tasikmalaya ini telah berdiri sejak tahun 1969 dan menjadi salah satu yang masih laris sampai sekarang. Salah satu keunikan bubur legendaris ini ada pada kuahnya yang agak encer. Satu porsi bubur ayam biasa dilengkapi dengan suwiran daging ayam, ati, cakwe, dan daun bawang.

2. Kedai Nyonya Iyen

Berlokasi di Jalan Panyerutan, Nagarawangi, Cihideung, Tasikmalaya, tempat makan satu ini memiliki nasi cikur sebagai menu andalannya. CIkur sendiri diambil dari bahasa SUnda yang berarti kencur.

Bumbu gurih dan aroma wangi dari kencur menjadi kenikmatan sendiri saat menyantap nasi cikur dengan aneka lauk mulai dari ayam, tempe, telur, tahu, dan tentunya sambal.

3. Soto Ayam Pataruman

Setiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas soto tersendiri, tidak terkecuali Soto Ayam Pataruman di Tasikmalaya. Berdiri sejak 1960 an, soto ini dilengkapi dengan taburan kacang kedelai goreng sebagai pelengkap.

Makin nikmat, soto ayam pataruman biasa disantap saat masih  hangat dengan bawang goreng dan potongan daun bawang.

4. Pecel Oranye

Kuliner legendaris di Tasikmalaya selanjutnya adalah Pecel Oranye. Sama seperti pecel pada umumnya, satu porsi oranye terdiri dari berbagai jenis sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Namun, kelezatannya yang masih bertahan dari tahun 1925 inilah yang menjadi daya tarik tersendiri sampai saat ini.

Berlokasi di Jalan Empang, Tawang, Cihideung, Pecel Oranye menjadi salah satu kuliner Tasikmalaya yang sayang dilewatkan.

5. Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat

Nasi tutug oncom merupakan salah satu makanan khas Tasikmalaya yang banyak diburu wisatawan. Salah satu tempat paling populer untuk mencicipi makanan lezat satu ini adalah Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat di Jalan CIkarang.

Tidak hanya nasi tutug oncom, rumah makan satu ini juga menjual berbagai olahan khas Sunda yang siap dicicipi.