PSI Harap Pilpres 2024 Diikuti Tiga Pasangan Calon untuk Mencegah Polarisasi

Politik057 views

Inionline.id – Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengharapkan, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 idealnya diikuti tiga pasang calon (paslon). Tujuannya untuk mengantisipasi dan memitigasi terjadinya polarisasi di masyarakat.

“Dengan 3 pasang kandidat, polarisasi yang terjadi pada pemilu 2019 yang implikasi masih terasa saat ini lebih bisa diantisipasi dan dimitigasi,” katanya saat dihubungi merdeka.com, Selasa (10/5)

Dia mengingatkan, Pilpres 2019 yang membelah masyarakat menjadi 2 kubu. Selain itu, polarisasi menyebabkan isu-isu substantif yang mencirikan kedewasaan berdemokrasi tertutup.

Namun, Toni mengakui, adanya tiga pasangan calon akan memperpanjang proses Pilpres mendatang. Walaupun akan menyebabkan biaya pelaksanaan membengkak, tapi hal tersebut demi mencegah polarisasi yang semakin melebar.

“Saya kira rupiah yang dikeluarkan untuk ronde kedua wajar dibayarkan, ketimbang membayar biaya perpecahan dan keretakan sosial di akar rumput akibat pembelahan politik. Biayanya untuk jangka panjang jauh lebih mahal,” terangnya.

Di sisi lain, dia menerangkan, tiga pasang calon membuat Pilpres 2024 mendatang lebih ramai. Sehingga rakyat mempunyai alternatif pilihan calon pemimpin lebih banyak.

“Semakin banyak kandidat semakin besar ruang kontestasi ide dan gagasan. Tentu positif bagi rakyat,” tutur Raja. “Jadi, semoga 2024 kita punya, paling tidak 3 pasang kandidat capres-cawapres agar pesta demokrasi kita lebih meriah, rakyat punya lebih banyak pilihan, dan polarisasi politik tidak semakin menajam,” pungkas Toni.