Kemendikbudristek Mendorong Sekolah Terapkan Prokes Ketat Cegah Hepatitis Akut

Pendidikan357 views

Inionline.id – Penularan hepatitis akut misterius pada anak-anak menjadi kekhawatiran baru di tengah masyarakat. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta sekolah menjalankan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri terkait pembalajaran tatap muka (PTM) Terbatas untuk mencegah hepatitis Akut.

“Protokol kesehatan pencegahan penularan hepatitis akut selaras dengan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan pebelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi,” kata Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto, kepada Medcom.id, Kamis, 12 Mei 2022.

Anang menyebut dalam aturan dipaparkan detail soal menjaga protokol kesehatan. Salah satunya cuci tangan pakai sabun.

“Misalnya, dengan menerapkan perilaku cuci tangan pakai sabun secara rutin, memasak makanan hingga matang, menghindari kontak dengan orang sakit, dan tetap menerapkan etika batuk dan disiplin prokes covid-19 seperti pakai masker serta jaga jarak,” kata dia.

Anang menyebut PTM tetap dilanjutkan untuk mendorong layanan pendidikan tetap berjalan. Terutama, menghindari learning loss.

“Kemendikbudristek mengajak semua pihak untuk bergotong royong dalam memenuhi hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan, khususnya untuk mencegah terjadinya learning loss dan dampak negatif tidak optimalnya pembelajaran di masa pandemi,” kata dia.