Ini Respons Anies Baswedan Saat Masuk Radar Nasdem Jadi Capres

Politik257 views

Inionline.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam radar Partai Nasdem untuk diproyeksikan menjadi capres atau cawapres pada Pemilu 2024. Namun, Anies menolak merespons kabar itu.

“Kan ngomongin APPSI sekarang,” tutur Anies sambil tersenyum usai acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022 di Discovery Kartika Plaza Hotel, Badung, Bali, Senin (9/5).

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta Nasdem A Effendy Choirie mengungkapkan, nama Erick Thohir, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo diproyeksikan menjadi capres atau cawapres pada Pemilu 2024.

“Muncul juga nama Erick Thohir. Terus muncul juga nama Ganjar,” kata Effendy kepada wartawan dikutip Minggu (8/5).

Dia memaparkan, kader Nasdem mengusulkan sejumlah nama capres atau cawapres yang sudah masuk dari berbagai hasil survei. Kader Nasdem kader di DKI Jakarta dan Banten mengusulkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

“Tapi ya itu tadi, bukan hanya Anies, aspirasi dari masyarakat nama-nama itu muncul, ada Erick Thohir, ada Ganjar juga,” ujar pria akrab disapa Gus Choi ini.

Diserahkan ke Surya Paloh

Sementara, Bendahara Umum DPP Nasdem Ahmad Sahroni mengungkapkan nama-nama yang masuk radar Nasdem. Mereka adalah Prabowo Subianto, Puan Maharani, Anies Baswedan, Andika Perkasa, Erick Thohir, Ridwan Kamil, hingga Khofifah Indar Parawansa.

“Ada nama-nama hebat. Pak Prabowo, Bu Puan, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Andika, Pak Erick, Pak Ridwan Kamil, Bu Khofifah,” ungkap Sahroni.

Partai Nasdem akan menyerahkan tiga nama yang akan diusung menjadi calon presiden yang akan berlaga di Pemilu 2024 ke Ketua Umunnya Surya Paloh.

Nama-nama kandidat Capres 2024 itu akan diserahkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem yang rencananya akan diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 15-17 Juni 2022.

“Rakernas nanti kita akan merekomendasikan tiga nama capres kepada Pak Surya,” kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya dalam sambungan telepon, Selasa (3/5).

Menurut dia, nanti Surya Paloh akan memilih salah satu nama untuk menjadi Capres yang akan diusung oleh Nasdem untuk berlaga di Pemilu 2024.

Meski demikian, Willy masih enggan membeberkan siapa ketiga kandidat capres yang akan diberikan ke Surya Paloh.

Dia menambahkan, selain teknis soal pemilihan Capres 2024, Surya Paloh juga yang akan menentukan siapa yang diajak untuk berkoalisi dan bergabung untuk bisa berlaga di Pemilu 2024.

“Nanti akan diserahkan ke Pak Surya. Pak Surya yang menentukan siapa yang akan beliau pilih, dan teknis waktu nanti kita serahkan ke Pak Surya, karena sekaligus juga membangun koalisi pengusung,” kata Willy.

Nasdem Jawa Barat Dukung Anies

Meski demikian, DPW Partai NasDem Jawa Barat menyebut sudah memiliki nama yang akan diserahkan ke Surya Paloh. Adapun nama yang dimaksud adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Iya (Anies). Dari sekian banyak DPD, itu kan mayoritas. Umumnya kan minta Pak Anies untuk dipertimbangkan untuk diusulkan dalam Rakernas ke ketua umum (Surya Paloh),” kata Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa dalam pesan singkat, Rabu (4/5).

Dia meyakini, bahwa nama mantan Menteri Pendidikan di era Jokowi itu akan muncul karena mayoritas kader NasDem memilih nama Anies untuk bisa dimajukan dan bertarung di Pemilu 2024.

Namun, Saan menegaskan, meski nama Anies menjadi nama mayoritas yang dipilih kader Nasdem, tetap keputusan berada di tangan Surya Paloh untuk menentukannya.

“Walaupun mereka semua juga mengatakan, siapa pun nanti yang diputuskan oleh ketum terkait capres tentu kita akan mematuhinya dan kita akan memperjuangkannya. Tapi sebagai usulan awal sebagian besar meminta mengusulkan Pak Anies,” sebut Saan.