Ini 6 Hidangan yang Bisa Kamu Coba Saat Bosan Makanan Bersantan Saat Lebaran

Inionline.id – Setelah puas menyantap hidangan Idul Fitri yang identik dengan sajian bersantan dan berlemak, seperti sayur ketupat, opor maupun rendang, banyak orang biasanya akan beralih ke hidangan segar berkuah yang menggugah selera.

Nah, bagi kamu yang juga sedang mencari ide untuk menikmati sesuatu yang berbeda. berikut adalah daftar kuliner yang bisa kamu coba jika bosan dengan hidangan santan saat Lebaran.

1. Bakso

Beberapa hari setelah Idul Fitri, pedagang bakso biasanya akan diserbu karena racikan kuah kaldu dengan sambal, saus, kecap maupun cuka bisa menghasilkan sajian istimewa yang paling banyak dicari. Apalagi jika tekstur baksonya lembut dan pas di lidah. Tentu saja ini akan menggugah selera!

Ilustrasi bakso. (Freepik/jcomp)
Ilustrasi bakso.

2. Mie Instan, Telur dan Irisan Cabai Rawit

Hidangan satu ini, selain sederhana, juga sangat praktis lho karena bisa kamu buat sendiri di rumah. Apalagi dengan menambahkan telur dan irisan rawit ke dalamnya. Hmm menggiurkan sekali kan?

3. Asinan sayur

Coba bayangkan irisan berbagai macan sayur, taburan kacang, kuah bercita rasa asam manis pedas yang segar membuat asinan juga jadi primadona setelah Lebaran. Apalagi ketika kamu menikmatinya krupuk, tambah lengkap dan nikmat.

4. Sayur Asam dan Sambal Terasi

Serindu apa kamu sama makanan satu ini? Isian kacang panjang, melinjo. jagung, nangka muda dan kacang tanah ini memang segar sekali untuk dinikmati. Apalagi ditambah dengan nasi hangat, ikan asin dan sambal terasi!

5. Rujak buah

Kalau kamu senang dengan buah-buahan, rujak buah dengan sambal gula merah dan campuran kacang tanah juga sangat nikmat lho. Apalagi sambil disantap bersama keluarga.

6. Seblak

Makanan khas Jawa Barat satu ini sangat mudah ditemui di manapun. Rasanya yang pedas, gurih dan berkuah segar ini bisa menjadi pilihan bagimu yang bosan dengan hidangan Lebaran. Apalagi jika hidangan yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran, telur, mi hingga ceker. Wah segar sekali!