Dewan Jabar Iwan Suryawan Minta Dengan Tegas Dinkes Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat Lebih Merinci Pengajuan Banprov 230 Miliar Untuk Pembangunan RSUD Parung Tahap 2

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Iwan Suryawan melakukan kunjungan kerja ke RSUD Parung, Desa Cogreg, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Rabu (11/05/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Iwan Suryawan ingin meninjau langsung bantuan Provinsi Jawa Barat senilai 93 miliar rupiah ditahap 1 2020 yang digunakan untuk pembangunan gedung A RSUD Parung dan mendengar langsung secara rinci terkait keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Kesehatan yang meminta kembali Banprov di tahun 2023 sebesar 230 miliar rupiah.

“Kami ingin melihat road mapnya seperti apa, masih berkutat di fisik saja, bahkan kalau dilihat dari RPJMDnya tidak terlihat sisi pelayanan disitu, kapan harus melayani tadi di poin nomer 5, padahal tadi kita sudah sepakat untuk tahun 2022 Desember ini sudah bisa soft launching,” ujar Iwan Suryawan.

Kemudian mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini juga menegaskan dan ingin meyakinkan terkait alat-alat penunjang fisik ini dimana kewenangannya semua ada di Kabupaten Bogor.

“Dengan kondisi Kabupaten Bogor saat ini dalam pengadaan apakah yakin ?, kalau kita yakin terjadi tapi semua adanya semua dipemilik proyek ini mulai dari alatnya, SDM, dan sementara saya tidak melihat adanya proses awalan sebuah rumah sakit, biasanya kan dari tipe C dulu lalu ke B dan seterusnya, kemudian penyedia SDM darimana ?, mungkin sudah ada plan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, tapi kita harus ada hitung-hitungannya untuk dimasukan ke provinsi yang nantinya juga pasti dihitung lagi, nah kita ini ingin bukan gambaran utuh bukan hanya fisik saja, pembangunan fisiknya saja bermasalah, sampai 2 kali perpanjangan,” papar Iwan.

Dirinya pun mempertanyakan bantuan Provinsi yang jumlahnya jika ditotal dengan permohonan 2023 mencapai 323 miliar rupiah.

“Saya melihat lebih banyak anggaran dari Provinsi jangan-jangan ini rumah sakit Provinsi yang di tujukan di Kabupaten Bogor, apalagi dengan pengajuan yang 230 artinya jadi jika total 400 miliar sekian 300 miliarnya itu dari provinsi, artinya dengan semangat Provinsi membantu Kabupaten harus ditunjang juga dengan sarana dan pra-sarana memastikan itu, dan ini belum terlihat jadi ini perlu ada komunikasi dan koordinasi dengan Provinsi dangan Pemkab Bogor untuk memastikan program ini jalan semua,” kata Iwan Suryawan.

Hal ini diminta oleh Iwan Suryawan dengan tujuan agar ketika DPRD Jawa Barat membahas terkait bantuan senilai 230 miliar ada hal yang meyakinkan DPRD untuk mengesahkan anggaran bantuan bagi RSUD Parung ini.