Target 3 Besar Nasional, PPP Mengandalkan Caleg Muda Bidik Suara Milenial di Pemilu 2024

Politik157 views

Inioinline.id – PPP menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Hotel Pullman, Jakarta pada 15-16 April 2022. Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menginginkan Rapimnas II menjadi titik kembalinya sejarah kesuksesan partainya dalam meraup suara elektoral dengan masuk deretan lima besar.

“Target Pileg setidak-tidaknya kita bisa kembali pada perolehan kursi pada 2004. Karena kita melihat siklus 20 tahunan atau 25 tahunan pada 1999, di mana PPP pernah masuk di dalam ke 3 waktu itu,” kata Suharso kepada wartawan, Jumat (15/4).

PPP menempati urutan keempat pada Pileg 2004 dengan memperoleh 58 kursi di parlemen. Sementara pada Pemilu pertama tahun 1999, PPP berhasil menyabet urutan ketiga dengan total 89 kursi.

Kesuksesan itu, lanjut Suharso, ingin diulang kembali dengan memaksimalkan peran anak muda yang kini telah banyak masuk ke dalam partainya untuk menjadi daya tarik.

“Sekarang dengan konfigurasi pemilih anak muda, pengurus-pengurus kita juga lebih banyak anak muda, mudah-mudahan itu sinkron dengan pemilihan yang akan datang,” kata Suharso.

Selain itu, kata Suharso, PPP saat ini sedang fokus untuk menyusun satu perencanaan yang terukur, sistematis yang telah siap dilaksanakan. Dengan mulai membuat daftar panjang para caleg untuk segala tingkatan mulai Juni nanti.

“Nanti dari longlist itu, kita akan lakukan evaluasi setelah diberikan assignment kepada mereka. Sehingga pada akhir tahun ini PPP sudah punya daftar caleg definitif versi partai,” tutur Suharso.

Tak Singgung Soal Tokoh Capres

Lebih lanjut, Suharso juga memastikan jika gelaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II tidak menyinggung soal tokoh yang bakal diusung untuk maju Pilpres 2024.

‘Kemudian pasti anda ingin bertanya kok ada A, B, C yang ingin diusung, saya ingin mengatakan bahwa Rapimnas, tidak sedang mendengarkan aspirasi itu,” kata Suharso.

Termasuk, lanjut Suharso, bukan juga memformulasikan mencari kandidat yang cocok dan tidak. Karena, Rapimnas kali ini fokus untuk bagaimana menaikan elektoral partai berlogo ka’bah tersebut.

“Justru kita ingin meluruskan kembali kepada seluruh kader PPP bahwa yang kita konsentrasikan adalah elektoral partai. Kepentingan partai ya dan kita sedang mengukur bagaimana hubungan -hubungan aktivitas politik kita ke depan bagaimana koalisi kita ke depan dan seterusnya,” terangnya.

Menurutnya, dengan mempersiapkan tim di internal hal itu berguna untuk mencegah adanya gangguan situasi politik saat ini yang dapat menurunkan kerja-kerja meningkatkan elektoral partai.

“Bagaimana kerja elektoral tidak diganggu dengan situasi hiruk pikuk suasana politik yang sekarang kira tahu. Dan kita ingin intens terhadap kepentingan elektoral PPP dibandingkan kepentingan elektoral lainnya. Jadi itu yang penting yang akan kita capai dalam rapimnas ini,” tutur dia.