Pada Lebaran 2022 Polda Prediksi ada 16 Juta Pemudik di Jawa Timur

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Bersama pemerintah provinsi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim) itu mulai menyiapkan penanganan arus mudik lebaran 2022.

Pada mudik lebaran tahun ini, DitlantasĀ Polda Jatim memprediksi ada 16 juta orang yang akan pulang ke kampung halamanĀ di provinsi tersebut.

“Pergerakan itu ada 16 juta di Jatim,” kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latief Usman, Rabu (20/4).

Latief menyebut berdasarkan survei moda transportasi yang digunakan, diprediksi mobil penumpang atau mobil pribadi akan mendominasi arus mudik kali ini.

“Kalau kita bicara mobil penumpang, berarti perjalanan jarak jauh, yang kemungkinan dari Jakarta, Jawa Barat atau Jabodetabek,” ujar dia.

Meski begitu, kata dia kendaraan roda dua atau sepeda motor akan menjadi kendaraan yang banyak dipakai masyarakat untuk mudik. Apalagi mudik lokal antar kota. Keselamatan pemudik roda dua jadi salah satu fokus Ditlantas Polda Jatim.

“Itu yang akan jadi fokus kami, bagaimana khususnya mudik yang selamat. Kami bicara selamat dulu, bagaimana mengatur pola jalur yang ada di Jatim,” ucap Latief.

Latief mengungkapkan ada empat jalur mendapatkan atensi ekstra pihaknya. Pertama jalur pantura, kedua jalur tengah yaitu Bojonegoro, ketiga jalan tol dan keempat jalur selatan.

“Nah ini semua menuju ke angkara timur, bertumpu di Malang, Surabaya sampai ke Banyuwangi. Tetapi ingat, bahwa Surabaya ini merupakan pergerakan orang yang akan mudik kembali,” katanya.