Kuliner Khas Bali yang Bisa Jadi Oleh-oleh Sepulang dari Liburan

Inionline.id – Di Bali ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, begitu pula dengan oleh-oleh khas Bali yang sangat banyak.

Beragam kuliner bisa jadi pilihan sebagai buah tangan sepulang liburan dari pulau dewata.

Lalu apa saja oleh-oleh khas Bali yang banyak diminati? Ini daftarnya.

1. Pie Susu

Sudah banyak yang tahu bahwa Pie Susu merupakan oleh oleh makanan khas Bali. Pie Susu Bali banyak diminati karena bentuknya yang tipis dengan bagian pinggir sedikit keras dan rasa yang legit.

Fla susu yang ada di engah pie juga sangat creamy. Sehingga jika Anda memakan pie ini, Anda bisa merasakan tektur pie yang lembut dan lumer di mulut. Awalnya, Pie Susu Bali hanya memiliki satu rasa saja.

Namun saat ini, rasanya sudah semakin beragam karena banyak produsen Pie Susu yang menambahkan topping seperti keju, kacang almond, choco chips, dan kismis. Advertisement Mencari Pie Susu di Bali tidak sulit. Anda bisa mendapatkan makanan khas Pulau Dewata ini di beberapa toko oleh-oleh di sekitar Bali.

2. Kacang Disco

Kacang Disco merupakan oleh-oleh khas Bali kekinian yang juga banyak diburu wisatawan. Kacang Disco merupakan olahan kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung dan bumbu, kemudian digoreng.

Proses pengolahan tersebut yang membuat Kacang Disco memiliki rasa yang renyah degan rasa yang enak. Rasa dari makanan ini cukup beragam, mulai dari manis hingga rasa udang.

Sama seperti Pie Susu, apabila Anda ingin mencicipi makanan ini, maka Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Bali.

3. Pia Legong

Di Bali juga ada makanan khas yang dikenal dengan nama Pia Lengong. Pia Lengong merupakan kue kering yang memiliki rasa mulai dari keju, kacang hijau, hingga cokelat. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang enak. Untuk Anda yang ingin membelinya, silakan datang ke daerah Jalan By Pass Ngurah Rai.

4. Salak Bali

Salak merupakan buah yang mudah dijumpai. Tak hanya itu, variasi buah ini juga sangat banyak. Hampir di setiap daerah memiliki jenis salah yang berbeda. Bali juga memiliki salah yang menjadi ciri khasnya.

Salak Bali menjadi oleh oleh khas Bali yang banyak digemari. Salak dari daerah ini memiliki dua jenis. Pertama, salak biasa yang rasanya masam dengan tekstur daging buah yang tebal.

Kedua, salak gula pasir yang rasanya manis, namun daging buahnya lebih tipis dibandingkan salah biasa. Buah ini banyak dijumpai di daerah seperti Pasar Sindhu, Sanur, Denpasar, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, harga Salak Bali tidak sama disetiap waktu. Harga buah ini sangat dipengaruhi oleh musim. Saat musim panen harganya cukup terjangkau hanya sekitar 18 ribuan, namun saat tidak musim harganya bisa mencapai 60-90 ribuan. BACA JUGA Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Kekinian

5. Kopi Kintamani

Selain kue kering dan buah, oleh oleh khas Bali lainnya yaitu kopi. Di Bali terdapat kopi yang dikenal dengan nama Kopi Kintamani. Kopi ini memiliki rasa unik yang berbeda dari kopi lainnya. Jika Anda pecinta kopi, jangan lupa untuk membeli Kopi Kintamani saat berlibur ke