Ini 6 Tips Memilih Baju Muslim Perempuan yang Nyaman dan Menutup Aurat

Inionline.id – Memilih baju muslim bagi wanita butuh banyak pertimbangan. Selain harus menyesuaikannya dengan selera, kamu juga tetap mesti memilih busana muslim yang nyaman. Merasa butuh tips memilih baju muslim perempuan?

Untungnya, saat ini sudah banyak baju muslim wanita modern yang tidak hanya menutup aurat tapi juga menjaga penampilan tetap modis. Berikut 6 tips memilih baju muslim perempuan untukmu.

Pastikan Bahan Tidak Panas

Kualitas bahan menjadi kunci penting dalam memilih baju muslim. Cobalah untuk memilih baju muslim berbahan sutra, polyester, satin, atau sifon.

Selain akan membuat baju flowy dan elegan, bahan tersebut juga menyerap keringat sehingga tidak akan membuatmu kepanasan meski tubuh tertutup seharian.

Tips padu padan outer. (suara.com/Risna Halidi)
Tips padu padan outer.

Jangan Terlalu Ketat

baju muslim sejatinya berfungsi untuk menutup aurat. Karena itu, pilihlah baju yang tidak terlalu menempel ke badan dan membentuk tubuh.

Baju yang sedikit longgar juga akan mempermudah pergerakanmu dan membuat dada tidak sesak. Tidak perlu khawatir terlihat kuno, saat ini sudah ada berbagai macam gamis yang tetap modis.

Warna Tidak Mencolok

Jika kamu tidak suka menjadi pusat perhatian, pilihlah baju muslim dengan warna netral. Dengan warna yang tidak mencolok, kamu juga bisa lebih mudah mencari bawahan atau kerudung yang akan dikenakan.

Selain itu, warna baju netral juga lebih long lasting karena tidak terlalu terpengaruh tren yang sangat mudah berganti.

Tidak Tembus Pandang

Tips memilih baju muslim perempuan selanjutnya tentu saja mencari bahan yang tidak tembus pandang supaya aurat tetap terjaga. Jangan menggunakan bahan tipis dan menerawang supaya kamu tidak perlu menambah inner baju yang bisa membuat gerah.

Jika membeli baju muslim secara online, pastikan untuk melihat detail barang dan komentar dari pelanggan untuk memastikannya.

Ilustrasi wanita berhijab. (Sumber: Freepik)
Ilustrasi wanita berhijab.

Gunakan Motif Simpel

Jika kamu tetap ingin tampil minimalis saat lebaran, cobalah untuk memakai baju muslim bermotif simpel yang memiliki ukuran kecil dengan warna netral. Baju muslim seperti ini juga tetap bisa kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti ke kantor atau jalan-jalan dengan teman.

Sesuaikan dengan Cuaca

Jika kamu akan menghadiri acara di malam hari saat udara cukup dingin, cobalah untuk memilih pakaian muslim yang berlapis atau tebal. Sebaliknya, jika menghadiri acara di siang hari yang terik atau outdoor, pakailah baju yang ringan dan mudah menyerap keringat supaya tetap nyaman.

Itulah beberapa tips memilih baju muslim perempuan. Pastikan untuk memilih baju yang disesuaikan dengan cuaca di mana kamu berada, baru menyesuaikan dengan model yang kamu suka.