Ini 4 Kue Khas Banjarmasin yang Cocok Dihidangkan saat Lebaran

Inionline.id – Salah satu hal yang paling dinantikan saat datangnya momen Lebaran adalah berbagai sajian istimewa, mulai dari aneka makanan khas, kue kering, hingga jajanan tradisional. Bagi Anda yang ingin mencoba kue khas Banjarmasin, berikut daftarnya.

Kue Khas Banjarmasin

Amparan Tatak Pisang

Kue khas Banjarmasin ini berbahan dasar, tepung beras, santan, gula, garam, dan air. Tepung beras dan santan dicampur hingga teksturnya mengental. Setelah adonan diletakkan pada wadah loyang, ditambahkan potongan pisang yang bebas jenisnya.

Amparan tatak pisang selanjutnya dikukus hingga matang. Kue tradisional ini mirip dengan nagasari atau pais pisang khas Jawa Barat. Cita rasa gurih, manis, dan lembut menjadi ciri khas dari kue ini.

Kokoleh

Kokoleh yang biasa hadir pada momen bulan puasa dan Lebaran. Tekstur kue kokoleh lembut dan membuat siapa pun suka.

Dibuat dari adonan tepung beras dan santan mirip saat membuat bubur sumsum. Bedanya ada tambahan sedikit larutan kapur sirih yang berfungsi untuk mengeraskan kue kokoleh saat dicetak di loyang.

Warna alami daun pandan juga membuat tampilan kokoleh menjadi semakin menarik. Kokoleh makin nikmat dengan kuah gula merah yang disiram di atas kokoleh.

Kue Putri Keraton

Ada lagi jenis makanan penutup atau dessert yang enak khas Banjarmasin, namanya Kue Putri Keraton. Sekilas, kudapan ini mirip dengan puding roti. Bahan dasar pembuatannya pun cukup mudah didapat, seperti roti marie regal, susu kental manis, vanilla, telur, hingga margarin.

Roti marie yang dihaluskan, lalu dicampur dengan campuran susu kental manis, air, vanilla, dan garam. Selanjutnya, margarin dan kuning telur dikocok dalam wadah terpisah baru, kemudian dicampur pada adonan kue putri keraton. Masukkan juga putih telur yang sudah dimixer untuk membuat tekstur kue ini lembut dan creamy. Kue kemudian dipanggang hingga matang dan siap disajikan.

Kue Bingka. [Kalteng.go.id]
Kue Bingka.

Kue Bingka

Nah, kue khas Banjarmasin satu ini jelas tak boleh ketinggalan. Kue Bingka adalah ikon makanan khas beberapa daerah di Kalimantan yang terkenal. Rasa yang gurih, legit, dan manis menjadikan kue ini istimewa.

Makanan khas Kalimantan ini memiliki varian rasa yang lengkap dan jadi favorit banyak orang. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya antara lain dari telur, kentang, kelapa muda, dan daun pandan.

Itulah beberapa kue khas Banjarmasin untuk Lebaran yang bisa disajikan saat Hari Raya.