Ini 3 Manfaat SSD Pada Laptop, Cocok Untuk Multitasking Sehari-Hari saat WFH

Iptek157 views

Inionline.id – Kesibukan yang meningkat serta berkembangnya industri mau tak mau membuat ketergantungan akan teknologi semakin tinggi. Salah satu gadget yang penggunaannya semakin krusial adalah laptop.

Performa laptop pun juga dituntut untuk lebih cepat serta canggih untuk bisa mengimbangi produktivitas manusia terlebih di era digitalisasi seperti sekarang. Oleh sebab itu, performa laptop yang lambat atau lemot akan sangat mengganggu pengguna hingga bisa menyebabkan menurunnya produktivitas.

Salah satu aspek yang penting untuk bisa meningkatkan performa laptop adalah SSD. Media penyimpanan Solid State Drive atau SSD ini sendiri merupakan pembaharuan yang lebih canggih dibanding pendahulunya yaitu Hard Disk Drives (SSD).

Apa saja sih manfaat dari SSD dibanding dengan HDD?

Memproses Perintah Lebih Cepat

Salah satu manfaat terbesar dari SSD adalah kecepatannya yang luar biasa dalam memproses perintah. SSD memiliki kecepatan ratusan kali lipat lebih baik dibanding HDD, sehingga memberikan waktu boot lebih singkat, transfer data ngebut, serta bandwidth lebih baik untuk laptop kesayanganmu.

Dengan kecepatan perintah super cepat ini, SSD bisa menangani data secara maksimal untuk kebutuhan berbagai industri berbasis digital. Menjalankan program serta aplikasi besar pun bisa dilakukan dengan cepat berbekal SSD.

Menariknya, SSD juga sangat stabil serta aman sebagai media penyimpanan. Sehingga kamu nggak perlu khawatir soal keamanan data yang tersimpan di dalamnya.

Membuat Suhu Laptop Relatif Lebih Rendah

Jika laptop dengan media penyimpanan HDD terus bergerak hingga menghasilkan panas, maka SSD lebih bekerja dengan cara sebaliknya. SSD dapat mempertahankan suhu yang lebih rendah dengan performa jauh lebih tinggi.

Hal ini penting untuk penggunaan laptop yang berdurasi lama tiap harinya sehingga memiliki daya tahan yang maksimal. SSD juga lebih tahan guncangan dan getaran sehingga cocok untuk si multitasking yang cenderung menggunakan laptop dengan terburu-buru.

Hemat Daya

SSD cenderung stabil dan tak memiliki bagian yang bergerak layaknya HDD, sehingga hal ini membuat laptop membutuhkan daya lebih sedikit untuk operasional. SSD mampu membuat laptop lebih hemat daya serta energi sehingga membuat masa pakai baterai menjadi lebih lama.

Jangan cuma performa laptop saja yang diperhatikan. Namun koneksi internet yang cepat juga merupakan sebuah hal wajib untuk meningkatkan produktivitas.

Untuk itu, pastikan kamu memiliki layanan internet dengan bandwidth tinggi serta sudah didukung 5G untuk aktivitas harian ya.