Hadapi Bonus Demografi, Dewan Jabar M Ichsan Siapkan Program Pelatihan Excellent Bagi Gen Z

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar sosialisasi Perencanaan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Gedung Posyandu Ciomas Permai, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Selasa (26/04/2022).

Selain memaparkan tentang Ranperda Jamsos Ketenagakerjaan, M Ichsan juga membuka sesi tanya jawab bagi masyarakat yang hadir.

Faisal perwakilan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menyuarakan aspirasinya terkait tingkat pengangguran yang cukup tinggi di Desa Ciapus.

“Jadi di kawasan Desa Ciapus itu masih banyak pengangguran karena pandemi mereka yang melamar kerja sulit, yang kerjapun di PHK,” ujar Faisal.

Yang kedua menurutnya, faktor sumber daya manusia yang dinilai kurang skill ditengarai menjadi kurang diliriknya para pekerja muda di wilayahnya oleh industri-industri di Bogor.

“Jadi setelah lulus mereka tidak punya skill, jadi pertanyaan saya program dari PKS ini ataupun yang sudah ada lembaganya atau wadahnya untuk melatih mereka dan mengembangkan skill mereka agar kelak mereka itu sudah ada skillnya tapi tidak ada yang mengarahkan sehingga bingung,” tukas Faisal.

Merespon hal ini, M Ichsan mengatakan bahwa sekarang, dirinya bersama DPW PKS Jawa Barat dibidang ketenagakerjaan sedang meramu kira-kira ketenagakerjaan bisa atau tidak memberikan kontribusi terhadap permasalahan yang ada disamping bonus demografi di Jawa Barat yang luar biasa pesat.

“Ditambah kemunculan dari lulusan-lulusan baru yang sebetulnya pekerjaan rumahnya adalah seberapa besar peluang mereka mendapatkan kerja, jika sudah masuk kedunia pekerjaan ada prioritas PKS sedang mengambil sisi bagaimana agar calon-calon kerja itu punya keterampilan excellent sehingga itu memungkinkan pihak pengusaha untuk merekrut,” kata M Ichsan.

Legislator Kabupaten Bogor ini mencontohkan produk excellent komunikasi skill masyarakat bisa dihadirkan gratis, dan hal tersebut sudah dilakukan.

“Kita kedepan khusus di fraksi DPW PKS Jawa Barat khusus di bidang ketenagakerjaan akan merutinkan entah dalam setahun itu 2 sampai 3 kali, kita akan mengundang gratis nanti selesai acara itu mendapat sertifikasi, kita mengusung dengan lembaga eksternal yang khusus dia punya qualified sehingga nanti pengusaha itu memberi nilai plus harapannya begitu,” ungkap M Ichsan.

SDM yang diprioritaskan adalah lulusan SMA atau SMK serta perguruan tinggi yang kesulitan mendapat kerja.

“Kita kemarin sudah melalukan tapi secara internal kader-kader anggota PKS kita nanti kedepan menyisir generasi milenial, Gen Z itu siapa saja boleh ini sedang meramu, targetnya mulai lebaran bisa sekitar Mei atau Juni,” pungkas M Ichsan.