Ecky: 4 Pilar Kebangsaan adalah Komitmen Berbangsa & Kunci Persatuan Indonesia

Politik157 views

Bogor, Inionline.id – Anggota MPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Ecky Awal Muharam menjadi narasumber dalam acara sosialiasasi empat pilar kebangsaan di Aula Utama Kantor DPD PKS Kota Bogor beberapa waktu yang lalu. Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai nasionalisme.

Kegiatan yang dihadiri para pengurus dan masyarakat berbagai kalangan ini, bertujuan dalam rangka mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD Negara RI Tahun 1945 serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara. Ecky Awal mengatakan sosialisasi empat pilar merupakan kegiatan resmi MPR RI yang berpayung hukum UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Pada kesempatan ini, Ecky Awal Mucharam yang juga Ketua DPP PKS Bidang Seni Budaya, mengatakan bahwa sosialisasi ini diselenggarakan agar masyarakat dapat memahami secara utuh dan menyeluruh nilai-nilai 4 pilar yang terkandung dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. “Problematika yang terjadi di Negara kita diakibatkan kurangnya pemahaman tentang dinilai nilai-nilai kebangsaan sehingga dapat menyebabkan konflik dan gesekan di tengah masyarakat,” katanya.

Dihadapan warga masyarakat Kota Bogor tersebut Ecky Awal juga menjelaskan bahwa memudarnya penghormatan terhadap hukum dan konstitusi Negara hingga menimbulkan ketidakpastian hukum dan keadilan hukum juga menjadi penyebab melemahnya rasa persatuan dan semangat nasionalisme bangsa.

Ecky berharap, melalui sosialisasi empat pilar ini, kesadaran akan pentingnya perstuan dan kokohnya nilai-nilai kebangsaan dapat semakin kuat. Hal tersebut diharapakan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan antara komponen bangsa untuk bekerjasama membangun Indonesia yang lebih maju.

“Meningkatkan pemahaman tentang semangat nasionalisme merupakan tanggung jawab Bersama, pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara ini harus selalu ditumbuh kembangkan oleh seluruh anak bangsa. Untuk mewujudkan kokohnya persatuan bangsa dan Indonesia yang lebih baik,” ujar Ecky.