Di 6 Titik Rawan Macet Jalur Mudik Polda Lampung Siagakan Personel

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Di sepanjang jalur mudik di Provinsi Lampung Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan dan pasar tumpah.

Kawasan diduga bakal menjadi lokasi kemacetan jalur mudik lebaran tersebut berada di jalur arteri Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dari Kabupaten Lampung Selatan hingga Kabupaten Mesuji.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan sementara di sepanjang jalur mudik lebaran di Provinsi Lampung, terdapat enam titik rawan kemacetan dan pasar tumpah yakni di jalur arteri Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

“Titik rawan kemacetan di Jalinsum, yakni di pintu keluar atau exit Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan Tugu Pengantin di KM 24 Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran,” kata dia saat ditemui usai gelar apel pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2022 di Mapolda Lampung, Bandar Lampung, Jumat (22/4).

Titik rawan kemacetan lainnya, yakni di KM 63-65 Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah sebagai jalur yang melintasi Pasar Bandar Jaya. Tanjakan Cakat Raya KM 128-129, dan Pasar Unit II KM 145 Kabupaten Tulangbawang. Lalu di Pantai Mutun yang berada dijalur wisata pesisir pantai Kabupaten Pesawaran, dan diprediksikan rawan kemacetan pasca lebaran atau saat arus balik mudik.

“Untuk mengurai kemacetan, kami sudah siapkan anggota dari Jajaran Polres untuk bersiaga dilokasi titik-titik rawan kemacetan tersebut,”ujar Romdhon.

Menurutnya, kemacetan di sejumlah titik ini, lantaran disebabkan padatnya arus lalu lintas, kondisi jalan dan adanya pasar tumpah. Apalagi tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik, antusias masyarakat untuk mudik pastinya sangat tinggi dan volume kendaraan pastinya juga banyak.

“Kalau untuk titik lokasi pasar tumpah ada di dua titik, yakni di Bandar Jaya, Lampung Tengah dan Pasar Unit II Kabupaten Tulang bawang,” katanya.

Selain itu, kata Romdhon, pihaknya akan menyiapkan kantung-kantung parkir jika terjad lonjakan kendaraan pada saat arus mudik lebaran.

Beberapa kantung parkir itu antara lain di rest area jalan tol, area parkir Pelabuhan Bakauhenik dan jalan menuju pintu tol Pelabuhan.

“Nanti kita siapkan beberapa kantung parkir, dan kita optimalkan juga rest area jalan tol. Jika penuh, kita akan alihkan ke jalur menuju gerbang tol. Yang jelas, kantung parkir itu disiapkan yakni antisipasi adanya penumpukan kendaraan,” kata Romdhon.