Deretan Tempat Wisata di Bandung Menjelang Libur Lebaran

Inionline.id – Lebaran identik dengan libur panjang. Apakah Anda sudah punya rencana akan berlibur ke mana saat lebaran nanti? Bagaimana dengan mengunjungi kota Bandung? Ya, kota wisata ini punya segudang daya tarik yang bisa menjadikan momen liburan lebih berkesan. Untuk pilihan menginap, terdapat hotel, vila, hingga apartemen di Bandung dengan harga dan fasilitas yang bervariasi.

Selama di Bandung, inilah deretan tempat wisata seru dan kuliner enak yang bisa Anda kunjungi. Ada Kampung Singkur, kawasan Lembang, serta beragam makanan menggugah selera seperti Seafood Mas Gondrong hingga Pentol dan Ceker Begal. Berikut informasi lengkapnya.

Tempat Wisata Seru di Bandung

1.    Kampung Singkur
Beralamat di Desa Wanasari, Pengalengan, Bandung, Kampung Singkur merupakan sebuah tempat wisata yang menghadirkan segudang aktivitas seru, seperti flying fox, paintball, camping, tubing, hingga rafting menggunakan perahu karet melintasi aliran sungai sepanjang kurang lebih 5 kilometer. Satu lagi, ada juga aktivitas off-road yang bakal mengajak Anda berpetualang melewati jalur ekstrem dengan menaiki Land Rover.

2.    Bukit Strawberry Lembang
Lembang merupakan salah satu kawasan Bandung yang memiliki udara sejuk dan lokasinya berada jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Selain itu, Lembang juga punya banyak wisata terkenal, salah satunya adalah Bukit Strawberry Lembang. Di Bukit Strawberry Lembang, pengunjung bisa memetik sendiri buah stroberi yang sudah matang. Anda pun akan mendapat edukasi singkat tentang asal-usul, jenis, dan cara bercocok tanam stroberi.

3.    Rainbow Garden Lembang
Rainbow Garden Lembang merupakan tempat wisata yang dipenuhi oleh berbagai bunga warna-warni layaknya pelangi. Itu sebabnya tempat ini diberi nama Rainbow Garden. Kabarnya tempat ini memiliki lebih 100 jenis tanaman yang mampu berbunga sepanjang tahun. Sembari menikmati keindahan bunga yang terhampar, pengunjung bisa melakukan aktivitas lain seperti belajar menanam bunga dan berburu spot foto instagramable.

4.    Rope Jumping di Sasak Rajamandala
Beberapa masyarakat menyukai wahana atau aktivitas yang mampu menantang adrenalin. Kalau Anda salah satu adrenaline junkie, di Bandung terdapat wahana permainan bernama rope jumping yang berlokasi di jembatan Sasak Rajamandala yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan Sungai Citarum. Sama seperti bungee jumping, dengan rope jumping Anda bisa merasakan sensasi melompat dan terombang-ambing di ketinggian.

Pilihan Kuliner di Bandung

1.    Bacang Panas Braga
Bacang Panas Braga termasuk kuliner legendaris Bandung yang terbuat dari beras mirip dengan lontong. Bedanya, bacang memiliki isian daging sapi dan memakai daun kelapa sebagai bungkusnya. Sebagai pelengkap, penjual Bacang Panas Braga turut menambahkan potongan lemak (gajih) sapi dan sambal merah. Saat dimakan Anda bisa merasakan kombinasi manis, asin, gurih, dan pedas dari sambal.

2.    Pentol dan Ceker Begal
Sempat viral di media sosial TikTok, Pentol dan Ceker Begal menjual bakso dengan kuah super pedas yang terdiri dari campuran cabai rawit, cabai keriting, dan cabai tanjung. Demi menciptakan rasa pedas yang luar biasa, dalam sehari penjual mampu menghabiskan cabai hingga 30 kilogram. Buat Anda yang penasaran, Pentol dan Ceker Begal menawarkan pilihan menu bakso rusuk, bakso lobster, hingga bakso kepiting.

3.    Bubur Ayam Kampung Pak Otong
Bagi penikmat bubur ayam, Anda wajib mampir ke warung Bubur Ayam Kampung Pak Otong saat liburan ke Bandung. Sudah ada sejak tahun 1947-an, Bubur Ayam Kampung Pak Otong terkenal akan cita rasanya yang lezat. Memakai ayam kampung sebagai bahan utamanya, tempat makan ini menyediakan beberapa pilihan menu bubur ayam biasa, bubur ayam ati ampela, bubur polos, dan bubur cakwe.

4.    Seafood Mas Gondrong
Seafood Mas Gondrong merupakan tempat makan yang tak pernah sepi pembeli. Memiliki sajian yang nikmat dan berharga murah menjadi alasan mengapa kuliner ini mampu menarik hati para pelanggan. Seafood Mas Gondrong menawarkan beragam pilihan menu seperti kepiting, udang, cumi-cumi, kerang, dan ikan laut dengan berbagai varian bumbu seperti saus asam manis pedas, saus mentega, saus tiram, dan saus padang. Kalau Anda alergi makanan laut, terdapat menu lain seperti olahan ayam dan sup iga sapi.

5.    Cakwe Lie Tjay Tat
Pilihan kuliner yang terakhir adalah Cakwe Lie Tjay Tat yang sudah eksis sejak tahun 1934. Berbeda dengan cakwe pada umumnya, cakwe di tempat ini memiliki ukuran yang besar namun tetap renyah. Menu lain yang tersedia adalah bakpia, bubur ayam, mi suah, dan bubur kacang hokian. Untuk bakpia isi di sini termasuk kuliner non-halal. Meski begitu, minyak dan wajan yang dipakai menggoreng bakpia dipisah agar tidak tercampur dengan makanan lainnya.

Tunggu apa lagi? Ayo, rencanakan perjalanan Anda ke Bandung. Jika bepergian selama beberapa hari, Anda bisa mencari villa di Lembang sebagai alternatif penginapan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan bernuansa alami.

Cek Traveloka untuk mendapatkan penawaran promo Holiday Stays, agar liburan Anda mejadi lebih nyaman dan tentunya aman.