Usai Reses Komisi II Membahas Anggaran dan Tahapan Pemilu 2024

Politik157 views

Inionline.id – Muhammad Rifqinizamy Karsayuda Anggota Komisi II DPR  memastikan, Komisi II akan membahas anggaran Pemilu 2024. Dia membantah isu anggaran tidak dibahas karena wacana penundaan Pemilu.

Rifqi menjelaskan, anggaran akan dibahas berbarengan dengan pembahasan tahapan Pemilu. “Kita bahas berbarengan nanti agar kemudian ini menjadi satu pembahasan yang simultan,” ujar Rifqi kepada wartawan, dikutip Jumat (11/3).

Komisi II akan mengagendakan rapat untuk memfinalisasi tahapan serta anggaran Pemilu 2024 dalam masa sidang mendatang. Bila sudah final, maka anggaran Pemilu akan dibawa ke Badan Anggaran DPR RI untuk dibahas lebih lanjut.

“Komisi 2 DPR RI akan mengagendakan agenda utamanya adalah kita memfinalisasi tahapan termasuk bagaimana memastikan anggaran itu murah efektif dan efisien untuk penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujar Rifqi.

Tahapan Pemilu sebelumnya belum dibahas di Komisi II bersama penyelenggara karena harus menetapkan terlebih dahulu tanggal pemungutan suara. Serta menunjuk anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Menurut Rifqi, KPU juga sudah memberikan usulan anggaran dan melakukan uji coba tahapan-tahapan Pemilu 2024. Hanya saja perlu difinalisasi peraturan KPU terkait tahapan ini dengan Komisi II.

Munculnya pertanyaan anggaran belum disahkan di tengah isu penundaan Pemilu, menurut Rifqi, karena kebetulan momentumnya DPR sedang dalam masa reses dan menunggu anggota KPU dan Bawaslu yang baru dilantik.

“Ini karena momentumnya bersamaan antara reses dengan menunggu KPU yang baru,” kata dia.