Lusa, PA 212 Akan Demo Menag Yaqut di Kantor Kementerian Agama

Berita057 views

Inionline.id – Novel Bamukmin Plt Wakil Ketua Umum PA 212 menyatakan pihaknya akan menggelar demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam menuntut pencopotan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Jakarta pada Jumat (4/3) lusa.

Aksi itu merupakan buntut dari penyataan kontroversial Yaqut yang diduga menganalogikan pengeras suara masjid dengan gonggongan anjing beberapa waktu belakangan ini.

“Kalau tidak ada halangan maka Jumat ini kami bisa menggelar aksi,” kata Novel, Rabu (2/3).

Novel mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan pemberitahuan aksi tersebut ke kepolisian. Ia menyatakan PA 212 tengah mempersiapkan aksi lanjutan sampai Yaqut dicopot dari jabatannya sebagai menteri.

“Kami sedang mempersiapkan aksi bela islam lawan penista agama berjilid-jilid sampai Yaqut dipenjara atau dicopot,” kata dia.

Meski demikian, Novel belum bisa memastikan estimasi massa aksi yang akan hadir pada Jumat lusa.

Ia juga mengatakan PA 212 akan menggelar aksi serupa di Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia.

“Aksi ini aksi serempak. Karena memang Dari PA 212 menghimbau agar didaerah manapun agar menggelar aksi,” kata dia.

Sebelumnya, Yaqut telah dilaporkan beberapa pihak ke kepolisian terkait pernyataan gonggongan anjing saat menjelaskan aturan sepiker masjid dan musala untuk azan dan kegiatan lainnya.

Yaqut diketahui menyatakan hal tersebut usai menghadiri pertemuan dengan tokoh agama, di Balai Serindit, Kediaman Gubernur Riau, Rabu (23/2) lalu.

Namun, Kemenag sudah mengklarifikasi bahwa Yaqut sama sekali tak membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing dalam pernyataannya tersebut.