Ini 5 Guyonan Berani Chris Rock yang Berujung Kontroversi

Inionline.id – Academy Awards 94 atau Oscar 2022 diwarnai kehebohan. Kali ini bukan karena nominator yang berhasil menjadi pemenang, tapi karena keributan di atas panggung yang melibatkan aktor Will Smith dan presenter Chris Rock. Chris Rock mendapatkan tamparan keras di pipi dari Will Smith. Penyebabnya adalah lelucon sensitif yang dilontarkan Rock terhadap istri Will Smith, yaitu Jada Pinkett Smith.

Chris Rock memang dikenal sebagai komedian yang berani melontarkan jokes berisiko. Saat menjadi pembawa acara di New York Film Critics Circle Awards 2019, pria 57 tahun itu menyebut cancel culture membuat para komedian ‘bermain aman’ dengan membuat lelucon basi dan tidak lucu.

Rupanya, bukan kali ini saja Chris Rock terlibat kontroversi. Keributan di Oscar 2022 ini juga bukan kali pertama dirinya bersinggungan dengan Will Smith-Jada Pinkett Smith. Berikut ini deretan komentar dan guyonannya yang menjadi sumber kontroversi.

1. Pernah Membuat Lelucon yang Menyinggung Kaumnya Sendiri di 1996

Lelucon yang membuat nama Chris Rock melejit di tahun 1996 ternyata justru menjadi kontroversi di antara komunitas orang kulit hitam Amerika Serikat. “Siapa yang lebih rasis, orang kulit hitam atau orang kulit putih? Orang kulit hitam! Kau tahu kenapa? Karena kita sendiri membenci orang kulit hitam! Semua hal yang dibenci orang kulit putih dari orang kulit hitam, orang kulit hitam malah lebih benci lagi,” katanya saat itu.

Rock juga menyebut sebagian orang kulit hitam dengan panggilan ‘nigga’ dan berharap mereka tersingkir. Rock juga menyebut sebagian orang kulit hitam dengan panggilan ‘nigga’ dan berharap mereka tersingkir. “Oh, aku benci n*****.

Belasan tahun kemudian, Rock mengakui kalau lelucon tersebut membuat orang-orang rasis merasa ‘mendapat angin’ untuk mengucapkan kata berawalan huruf N yang dianggap tabu itu.

2. Membuat Lelucon soal Adiksi Narkoba Whitney Houston di 2016

Rock juga beberapa kali mengunggah lelucon sensitif di media sosial. Ia pernah menyasar mendiang Whitney Houston yang kecanduan narkoba semasa hidupnya lewat Twitter.

Komentar ini menuai kontroversi karena dianggap tak sensitif terhadap seseorang yang sudah meninggal dunia. Apalagi, Chris Rock adalah salah satu teman mendiang.

Unggahan tersebut ditanggapi dengan negatif oleh mantan suami Houston, Bobby Brown. “Di era pemberdayaan perempuan ini kau memilih saat ini untuk mempermalukan Ratu kita!!! Kusangka kau adalah teman keluarga ini.”

3. Menyinggung Orang Asia di Panggung Oscar 2016

Saat menjadi pembawa acara Oscar 2016, Chris Rock kembali melempar guyonan yang berbau SARA. Kali ini dengan menampilkan stereotip orang Asia di panggung. Ia mendatangkan tiga anak Asia ke panggung dan menyebut mereka sebagai akuntan bernama Ming Zhu, Bao Ling, dan David Moskowitz.

“Kalau ada yang tersinggung dengan lelucon ini, cuitkan saja di ponselmu yang juga dibuat oleh anak-anak ini,” katanya, merujuk pada dugaan eksploitasi pekerja anak di pabrik-pabrik elektronik China.

Lelucon ini mengundang reaksi keras dari komunitas Asia di dunia maya. Rekan-rekan seprofesi Chris Rock pun tak sedikit yang mengkritiknya. Termasuk aktris Sandra Oh dan George Takei yang mengirimkan surat keberatan kepada Academy Awards.

4. Melontarkan Lelucon tentang Stereotip Orang Kulit Putih sebagai Pelaku Penembakan Massal di 2019

Tahun 2019, giliran orang kulit putih yang jadi sasaran lelucon Chris Rock. Ia menyebut para pelaku penembakan massal pasti orang kulit putih lewat sebuah unggahan meme. “Hal pertama yang diucapkan orang-orang ketika ada berita penembakan massal,” tulisnya.

Ia menyertakan potret aktris senior Betty White sebagai plesetan dari frasa ‘bet he[‘s] white’ yang bisa diartikan ‘pasti orang kulit putih’.

Unggahan meme itu dicap rasis dan menyepelekan masalah serius yang tengah dihadapi publik Amerika Serikat. Apalagi, meme tersebut diunggah beberapa hari setelah dua kasus penembakan massal dengan puluhan korban jiwa di El Paso dan Dayton.

5. Menjadikan Penampilan Jada Pinkett Smith sebagai Guyonan di Oscar 2022

Publik kembali dibuat terkejut dengan kontroversi terkait Chris Rock. Kali ini, dia me-roasting Jada Pinkett Smith yang hadir mendampingi suaminya dengan rambut nyaris plontos. “Jada, ‘[Aku] tidak sabar menanti G.I. Jane 2,” candanya.

G.I. Jane adalah film tentang perempuan pertama yang bergabung dengan angkatan laut Amerika Serikat. Film produksi 1997 tersebut dibintangi oleh Demi Moore yang tampil plontos. Pinkett Smith sendiri mengalami alopecia alias kebotakan dini yang membuatnya memutuskan untuk mencukur rambut.

Lelucon ini membuat para bintang yang menghadiri Oscar 2022 tersenyum canggung, termasuk Will Smith. Sementara Pinkett Smith terlihat tersinggung. Tak lama kemudian, Will Smith naik ke panggung dan menampar Chris Rock keras-keras. Sambil kembali ke kursinya, aktor 53 tahun itu berteriak memperingatkan Chris Rock agar tidak menyebut-nyebut istrinya.

Keterkejutan tampak jelas di wajah Rock. Namun, ia berusaha terlihat santai dan melanjutkan tugasnya sebagai pembawa acara. “Wow, Will Smith baru saja menggamparku,” candanya. “Itu adalah malam terbaik dalam sejarah pertelevisian.”

Setelah momen menghebohkan tersebut, Will Smith memenangkan piala Oscar sebagai aktor terbaik. Ia menyampaikan permintaan maaf kepada pihak Academy Awards dan rekan-rekan artis atas tindakan gegabahnya.

Pada Oscar 2016, rupanya Chris Rock sudah pernah mengomentari Jada Pinkett Smith. Saat itu, ibu dari Jaden dan Willow Smith itu memboikot Oscar karena tidak ada aktor kulit hitam yang masuk nominasi. “Jada memboikot Oscar itu sama seperti aku mencoba memboikot celana dalam Rihanna. Aku memang tidak diundang.”

Sejauh ini, Chris Rock tidak mengambil tindakan apa pun atas peristiwa 28 Maret 2022 itu.