Ini 5 Cara Mengisi Ulang Energi Jika Kamu Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kehidupan di masa kini yang serba cepat kadang membuat kita menjadi merasa kewalahan menjalaninya. Jadwal yang padat serta tuntutan pekerjaan kerap membuat kita hanya memiliki sedikit waktu untuk memanjakan diri kita sendiri.

Terlalu banyak pekerjaan dan sedikitnya waktu beristirahat ini bisa menyebabkan munculnya rasa lelah. Kadang rasa lelah ini bisa berlarut-larut dan tak kunjung menghilang hingga beberapa waktu.

Rutinitas sehari-hari yang kita jalani kerap membuat rasa lelah terus-menerus terjadi dan tak mudah hilang. Rasa lelah yang terus terjadi ini biasa dikenal sebagai kelelahan kronis dan tidak semudah itu untuk dihilangkan.

Rasa lelah yang terjadi secara kronis ini perlu sangat diperhatikan karena bisa berdampak buruk jika dibiarkan begitu saja. Kondisi ini tak hanya berdampak buruk bagi mental saja namun juga bisa muncul pada fisik.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah ini dan mengisi ulang energi dalam dirimu. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara mengisi ulang energi dari kelalahan yang melanda.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur antara delapan hingga sepuluh jam setiap hari bisa menghilangkan stres secara fisik yang melanda. Walau begitu, untuk membuat diri menjadi terasa segar esok hari, penting untuk tidak hanya tidur dalam waktu lama namun juga berkualitas.

Pastikan tidur malammu tidak terganggu untuk menjadikannya berkualitas dan menyegarkan saat bangun esok pagi. Kualitas tidur yang baik ini juga bisa kamu peroleh dengan menjauhkan ponsel dan gawai terutama sebelum tidur.

Beri Waktu Sendiri dan Hilangkan Stres

2. Waktu Sendiri bagi Introvert

Karakter berbeda yang dimiliki oleh seseorang bisa menyebabkan perbedaan dalam cara diri mereka mengisi ulang energi di dalam diri. Bagi seorang ekstrovert, energi dalam diri mereka terisi dari interaksi sosial dan hubungan dengan orang lain. Sementara itu, bagi introvert, yang terjadi adalah sebaliknya.

Berada di keramaian bisa membuat seseorang yang introvert menjadi merasa mudah lelah. Oleh karena itu, introvert membutuhkan waktu bagi diri mereka sendiri untuk mengisi ulang energi yang terkuras ini. Hal ini bisa diperoleh dengan melakukan hobi atau bersantai menghabiskan waktu menyepi.

3. Menghilangkan Stres

Salah satu dampak yang kerap muncul akibat kehidupan kita saat ini adalah terjadinya stres. Walau stres merupakan kondisi yang lumrah terjadi, namun ketika stres ini terjadi secara berlebihan, dampak kesehatan mental yang lebih jauh bisa terjadi termasuk munculnya gejala psikosomatis.

Salah satu gejala psikosomatis yang bisa muncul akibat stres ini adalah kelelahan kronis. Oleh karena itu, menghilangkan stres merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan demi memulihkan energi dalam tubuh secara efektif.

Lakukan Hobi dan Perjalanan

4. Jalani Hobi

Seberapa besarnya renjana dan kesenangan yang kamu miliki terhadap pekerjaan, namun melakukannya secara berlebihan bisa menimbulkan rasa lelah. Adanya waktu istirahat bagi dirimu merupakan sebuah hal yang penting di sela-sela pekerjaan.

Melakukan hal yang kamu sukai terutama hobi bisa memiliki efek menenangkan bagi fisik dan mental. Hal ini juga bisa membuatmu lebih terhubung dengan dirimu sendiri sehingga penting untuk melakukannya setidaknya seminggu sekali.

5. Lakukan Perjalanan

Rutinitas yang monoton dan tekanan tinggi yang kita alami sehati-hari juga bisa jadi penyebab munculnya rasa lelah. Bepergian atau berwisata terutama dengan orang tersayang bisa menjadi cara untuk menghilangkan rasa lelah ini.

Ganti suasana sehari-hari bisa membantu menyeimbangkan tubuh serta pikiran. Bepergian ini juga bisa membuatmu merasakan kebebasan yang selama ini tidak kamu rasakan akibat tekanan pekerjaan.

Sejumlah cara tersebut bisa menjadi jalan keluar terhadap rasa lelah yang mendera dan sangat membantu dalam memulihkan energi dalam diri. Pastikan untuk melakukan hal ini secara rutin agar kamu tidak mengalami masalah lebih lanjut.