Dewan Jabar Supono Minta Ridwan Kamil Buat Hutan Kota di Kecamatan Cibinong Bogor

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Camat Cibinong Rusliandy mengungkapkan aspirasinya kepada Gubernur Jawa Barat terkait kebutuhan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor akan fasilitas umum dan ruang terbuka hijau.

Menurut Rusliandy, Kecamatan Cibinong yang berpenduduk paling banyak dibanding 39 kecamatan lainnya di Kabupaten Bogor, yakni 363.000 jiwa, dan 70 persen diantaranya adalah usia produktif juga membutuhkan saluran seperti Gedung Creatif Center.

Hal tersebut diungkapkan saat Ridwan Kamil selesai melakukan peresmian revitalisasi Pasar Cisarua di Pesona Alam Resort Cisarua Bogor, Sabtu (26/2/2022).

Memperkuat aspirasi Rusliandy, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat daerah pemilihan Kabupaten Bogor H. Supono mengatakan bahwa Kecamatan Cibinong memang sangat kekurangan ruang terbuka hijau.

Menurut mantan anggota DPRD Kabupaten Bogor ini konsepnya sewaktu Perda RTRW tingkat Kabupaten Bogor belum dirubah ketersediaan ruang terbuka di eranya menjabat relatif bagus contohnya di depan Cibinong City Mall dahulunya adalah berfungsi untuk ruang terbuka hijau.

“Jadi sekarang yang paling penting adalah Cibinong itu jangan diberikan izin prinsip untuk pengembang-pengembang yang sporadis karena itu daya dukung ruangnya sudah tidak memadai,” kata H. Supono, Selasa (01/03/2022).

Berikutnya politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyoroti setu-setu yang ada di Kabupaten Bogor harus diimbangi dengan Bufferzone untuk ruang terbuka hijau dengan mengedepankan pelestarian sumber air bersih, kedua khusus untuk ruang terbuka hijaum jadi disamping itu adalah lahan-lahan yang pada penguasaan Pemerintah Daerah itu bisa dijadikan hutan kota.

“Jadi di Cibinong itu harus ada hutan kota untuk mengimbangi pertumbuhan perumahan atau permukiman yang ada,” pungkas H. Supono.