Mulai Pekan Depan Banjarmasin Setop Pembelajaran Tatap Muka 100%

Pendidikan257 views

Inionline.id – Dinas Pendidikan kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengambil kebijakan menghentikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.  Kebijakan ini diterapkan mulai Senin, 7 Februari 2022.

“Mulai awal pekan depan pembelajaran tatap muka dilaksanakan terbatas, tidak lagi 100 persen,” ujar Sekretaris Disdik Kota Banjarmasin Hendro di Banjarmasin, Sabtu, 5 Februari 2022.

Menurut dia, dengan naiknya kasus covid-19 di daerah ini, kebijakan dikeluarkan pada hari ini, Sabtu, 5 Februari 2022, pembelajaran tatap muka dilakukan terbatas dengan kapasitas maksimal 50 persen setiap kelas. “Durasi waktu proses belajar mengajar maksimal 6 jam,” tutur Hendro.

Ia mengatakan, orang tua murid diberikan pilihan untuk mengizinkan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).  “Pelaksanaan protokol kesehatan selama PTM terbatas harus semakin ditingkatkan,” ujarnya.

Dia mengimbau peserta didik agar membawa bekal dari rumah, tidak saling meminjam alat tulis, dan segera melaporkan kepada guru apabila merasa sakit.

“Semuanya akan diawasi ketat, di-monitoring setiap saat, khususnya penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sebelum kebijakan ini keluar, ada empat SMP di Kota Banjarmasin sudah menghentikan PTM beralih ke PJJ untuk beberapa waktu, karena sebagian siswa terpapar covid-19.

Kasus covid-19 di kota Banjarmasin menunjukkan peningkatan setiap hari, bahkan kasus aktif saat ini hampir mencapai 500 orang.