KPU Menjawab Kritik Perihal Anggaran Pemilu 2024 Capai Ratusan Triliun Rupiah

Politik057 views

Inionline.id – Ilham Saputra Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyinggung anggaran besar penyelenggaraan Pemilu 2024 besar yang dikritik. Diketahui, KPU mengusulkan Rp86 triliun untuk Pemilu nasional, dan Rp26 triliun untuk Pilkada.

Dia mengatakan, kebutuhan anggaran yang besar ini bagian komitmen KPU untuk mengembangkan sarana dan prasarana KPU di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Masih banyak kantor KPU di daerah yang pinjam atau ngontrak di ruko.

“Kondisi kantor kami yang masih pinjam, masih dipinjamkan pemda dan juga masih ngontrak di beberapa ruko daerah-daerah tertentu,” katanya saat peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (14/2).

Menurut Ilham, KPU butuh sarana dan prasarana lebih baik untuk menyukseskan Pemilu 2024.

“Ini upaya kami meningkatkan sarana dan prasarana tadi dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024,” ujarnya.

Selain untuk kantor KPU, dia mengungkapkan, anggaran yang tinggi karena ingin menambah honor petugas KPPS.

“Salah satu hal lain adalah kami menginginkan honor petugas badan ad hoc bisa dinaikan,” jelasnya.

Ilham tidak juga masalah anggaran yang dinilai terlalu besar itu untuk dirasionalisasikan kembali.

Kata dia, Sekjen KPU telah berkoordinasi dengan Banggar DPR RI. Diharapkan apa yang KPU periode ini upayakan dapat direalisasikan.

“Semoga apa yang kita upayakan bersama bisa diputuskan karena tentu nanti anggota KPU periode berikutnya membutuhkan kepastian menyukseskan penyelenggaraan pemilu pilkada 2024 mendatang,” tutup Ilham.