Usai Kapal TKI Ilegal Tenggelam di Malaysia, 2 Orang Ditetapkan Menjadi Tersangka

Inionline.id – Dua orang ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Sumatera Utara (Sumut) terkait perekrutan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang diberangkatkan ke Malaysia. Kapal yang mengangkut puluhan TKI tersebut tenggelam di perairan Malaysia.

Direktur Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan polisi telah menangkap 2 orang komplotan perekrutĀ TKI ilegal dalam insiden itu.

“Ada beberapa orang sudah kita tetapkan jadi tersangka. Saat ini kita sedang bekerja, ada lebih kurang 18 saksi sudah kita periksa,” ujar Tatan dalam keterangan tertulis, Minggu (2/1)

Menurut Tatan tersangka yang telah ditetapkan antara lain sebagai agen dan satu lainnya yang mengamankan lokasi pemberangkatan.

“Satu sebagai agen, satu lagi mengamankan lokasi pemberangkatan. Dan kita sudah petakan dari aliran dana. Kemudian dari keterangan beberapa saksi termasuk korban,” jelas Tatan.

Komplotan yang menyeludupkan para TKIĀ  ilegal ini, tambah Tatan, melakukan aksinya dengan sangat terorganisir. Sebab para pekerja dikumpulkan di suatu tempat penampungan dan kemudian diberangkatkan dari Kabupaten Batubara, Sumut.

“Dari Batubara, salah satu tempat penambatan milik warga yang digunakan untuk pemberangkatan awal. Jadi modusnya, cara kerjanya sistem perekrutannya mereka menggunakan agen kemudian berkomunikasi dengan handphone, dilakukan penjemputan,” ucap Tatan.

Selain itu, menurut Tatan, untuk pengurusan menjadi PMI ilegal hingga pemberangkatan, para calon PMI wajib membayar Rp10 juta. Namun itu masih didalami lagi.

“Mereka ditempatkan satu penampungan, kemudian ditentukan waktunya untuk dilansir di tempat penambatan kapal, kemudian jam ditentukan. Lebih kurang Rp10 sampai Rp11 juta per kepala,” beber Tatan.

Di sisi lain, Polda Sumut juga telah menyiapkan tim DVI (Disaster Victim Identification) untuk melakukan identifikasi korban. Untuk Posko Ante mortem di Biddokes Polda Sumut.

“Polda juga menyiapkan hotline layanan. Masyarakat yang kehilangan anggota keluarganya dalam musibah kapal tenggelam dapat menghubungi nomor +62 813-7545-6111,” paparnya

Diketahui, kapal yang mengangkut 57 orang pekerja migran ilegal asal Indonesia tenggelam di perairan Sekinchan, Selangor, Malaysia, pada Sabtu, 25 Desember 2021. Kapal tersebut berangkat dari Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Dalam insiden itu 11 orang tewas, 25 hilang dan 14 orang selamat.

Selama Desember 2021, tercatat sudah dua musibah kapal pembawa pekerja Indonesia ilegal tenggelam di perairan Malaysia. Sebelumnya pada 15 Desember 2021, kapal pembawa TKI ilegal juga tenggelam di perairan Malaysia.

Musibah itu menyebabkan 21 tewas dan 30 orang belum ditemukan serta 13 WNI selamat.