Terkait Aplikasi Jaramba, Begini Pesan Dewan Jabar Supono Untuk Ridwan Kamil

Antar Daerah1057 views

Bandung, Inionline.id – Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil secara resmi telah meluncurkan aplikasi Jaramba yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat bepergian dengan angkutan umum.

Jaramba sendiri merupakan aplikasi berbasis website yang mengintegrasikan konektivitas antarmoda, menunjukkan informasi real-time, dan pembayaran secara cashless.

Saat ini, moda transportasi umum yang mendukung aplikasi tersebut adalah angkutan kota dan bus Damri di Bandung Raya.

“Dengan adanya aplikasi Jaramba, warga bisa mengetahui sebelum pergi mau rute ke mana, naik satu jenis angkot saja atau harus berganti angkot, itu diketahui sebelum pergi,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– di Kota Bandung, Jumat (7/1/2022).

Menanggapi aplikasi tersebut, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa barat H. Supono mengaku belum ada koordinasi apapun dari Gubernur Jawa barat atau dinas terkait mengenai aplikasi Jaramba.

“Saya di Komisi itu belum ada presentasi tentang aplikasi Jaramba, tapi nanti insyaAllah jika kita rapat dengan Dinas Perhubungan kita akan tanyakan juga, artinya secara teknis itu seperti apa,” kata H. Supono, Minggu (09/01/2022).

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menegaskan bahwa aplikasi yang diluncurkan Gubernur tersebut mendapat apresiasinya namun lagi-lagi proses seperti itu, program sebaik apapun, harus diimbangi dengan sosialisasi yang baik, kemudian juga terkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

“Dan ini ada kaitannya dengan Dinas Perhubungan diharapkan ini untuk Damri dan angkot sementara ini jadi perhatikan juga pelayanan, service, keramah-tamahan kepada penumpang dan pengguna jasa angkutan umum tersebut agar lebih baik,” tutup H. Supono.