RK Tetap Gelar PTM 100 Persen, Belum Temukan Kasus yang Mengkhawatirkan Selama Belajar di Sekolah

Berita057 views

Inionline.id – Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat (Jabar) mengatakan pihaknya tetap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku belum menemukan kasus yang mengkhawatirkan selama belajar di sekolah.

“PTM tetap dilaksanakan 100 persen karena kita mengambil keputusan sesuai dengan informasi yang terukur termasuk mengetes secara acak di sekolah yang sampai saat ini belum ditemukan kasus yang mengkhawatirkan,” kata Emil usai menghadiri Rapat Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (25/1/2022).

Emil menyebut kasus Covid-19 varian Omicron di Jabar sejauh ini masih terkendali. Menurutnya, dari 33 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron, 31 di antaranya sudah sembuh.

“Omicron di Jabar sampai sekarang masih terkendali. Dari 33 kasus terkonfirmasi, 31-nya sudah sembuh. Sisa, dua masih dirawat di BPSDM,” katanya.

Menurutnya, jika diasumsikan varian Omicron cepat menular dan cepat juga sembuhnya. Rata-rata dirawat hingga sembuh sampai 3-4 hari.

Kasus harian Covid-19 di Jabar sampai kemarin tercatat bertambah 409 kasus. Emil menyebut 409 kasus itu adalah bukan varian Omicron.

“Jadi kasus harian yang naik di Jabar masih kami asumsikan varian non-Omicron. Artinya, masih Delta atau varian yang sebelumnya,” ujarnya.

Adapun transmisi tertinggi Covid-19 masih berada di wilayah Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi). Terkait tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 pada Januari tahun ini, jauh lebih baik ketimbang Januari tahun sebelumnya.

Emil melaporkan tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 pada Januari 2021 mencapai 40 persen. Sementara bulan ini walaupun ada peningkatan, masih di angka 7 persen.

“Artinya vaksinasi berhasil memutus rantai penularan karena tahun lalu vaksinasi belum dilaksanakan,” ucap Kang Emil. “Sekarang kami meyakini virus beredar, tapi tidak masuk ke tubuh yang rata-rata sudah divaksin,” cetusnya.

Kepada masyarakat, Emil juga mengimbau untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas. Kewaspadaan, menurutnya, sangat penting.

“Tak usah terlalu khawatir. Yang penting waspada saja, lakukan prokes ketat karena hidup harus tetap produktif,” katanya.

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Ombudsman Jawa Barat (Jabar) Dominikus Dalu meminta Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan kepala daerah se-Jabar untuk mengkaji ulang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen menyusul lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.

Dalu mengatakan lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron cukup mengkhawatirkan. Mengacu pada data per tanggal 23 Januari 2022 terjadi penambahan konfirmasi positif Covid-19 harian mencapai 2.925 kasus.

Berdasarkan data tersebut, kata Dalu, Ridwan Kamil harus mengambil langkah antisipatif demi keselamatan siswa sekolah yang mengikuti PTM dan mencegah lonjakan kasus Covid-19.