Pekan Depan Vaksinasi Booster di Bantul akan Dimulai, Prioritaskan Lansia

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Pemerintah Kabupaten Bantul belum melaksanakan vaksinasi booster hari ini. Pelaksanaan vaksinasi booster COVID-19 itu baru dimulai pekan depan.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, dirinya sudah mengikuti pertemuan daring dengan Menteri Kesehatan dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) terkait pelaksanaan vaksinasi booster.

“Minggu depan nanti yang disebut (vaksinasi) booster itu akan kita sosialisasikan,” kata Abdul saat ditemui wartawan di Kabupaten Bantul, Rabu (12/1).

Abdul menambahkan, vaksinasi dosis ketiga ini akan memprioritaskan lansia. Sedangkan skema vaksinasi itu akan mengambil tempat di berbagai lokasi yang mudah diakses warga Bantul.

“Sasarannya yang paling rentan kan lansia, itu jadi prioritas. Untuk skema seperti biasa, nanti selain di rumah sakit dan puskesmas, kita selenggarakan di tempat-tempat yang mudah diakses seperti JEC, Pasar Seni Gabusan, balai desa, sekolahan,” ucapnya.

Terpisah, Kasie Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul Abednego Dani Nugroho mengatakan, saat ini belum ada jadwal vaksinasi booster di Bantul.

“Belum ada (jadwal), masih persiapan. Juknis (petunjuk teknis) memang belum ada, tapi tidak perlu menunggu juknis, kita sudah mulai siapkan untuk pendataan sasaran, perhitungan vaksin dan lain-lain,” ujar Abed.

Abed menyebut ketersediaan vaksin untuk booster di Bantul terbilang mencukupi. “Vaksin aman, kita mengikuti pedoman dari pusat dan kita siapkan semua jenis vaksin. Untuk sasaran besok saat booster kita sasar yang usia lebih dari 18 tahun,” ucapnya.