Pekan Depan Keputusan Tanggal Pemilu 2024 Diambil

Politik1057 views

Inionline.id – Pekan depan Komisi II DPR RI berencana menggelar rapat kerja dengan Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP membahas tanggal Pemilu 2024. Pada rapat kerja itu akan diambil keputusan hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Minggu depan kita akan raker untuk putuskan jadwal dan tahapan pemilu,” ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Doli mengatakan, tidak ada hubungannya penetapan tanggal pemilu dengan proses pemilihan anggota KPU dan Bawaslu yang baru. Komisi II tidak menargetkan rapat kerja membahas jadwal pemilu digelar sebelum uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu.

“Tidak ada hubungannya dengan KPU Bawaslu yang baru atau lama. Intinya seperti yang saya katakan bahwa kan sebelum ini kami sudah meminta kepada pemerintah untuk melakukan konsolidasi bersama penyelenggara,” ujar Doli.

Komisi II telah lama memberikan waktu Mendagri dan KPU melakukan konsolidasi. Sebelumnya ada perbedaan pandangan. KPU meminta pemilu digelar pada 21 Februari 2024. Sementara Mendagri meminta pemilu digelar pada 15 Mei 2024.

Doli menegaskan waktunya sudah cukup untuk melakukan konsolidasi. Sehingga bisa digelar rapat pengambilan keputusan

“Sekarang waktunya sudah cukup melakukan konsolidasi makanya kami gelar rapat kerja minggu depan untuk menetapkan jadwal dan tahapan pemilu,” tutupnya.