Meski Dapat Vaksin Booster Jokowi Ingatkan Masyarakat untuk Tetap Menjaga Prokes

Nasional157 views

Inionline.id – Pada tahun 2022 ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah bakal memberikan booster vaksin COVID-19 secara gratis. Jokowi meminta agar masyarakat yang akan menerima vaksin booster untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Meski sudah divaksin saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker menjaga jarak, dan mencuci tangan,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1/2022).

Jokowi menyebut vaksinasi tidak akan cukup untuk mengatasi pandemi COVID-19. Karena itu dia menekankan pentingnya protokol kesehatan meski setelah mendapatkan vaksin booster COVID-19.

“Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi COVID-19,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan syarat jika masyarakat ingin mendapatkan vaksin booster. Menurutnya yang bisa menerima booster hanya masyarakat yang telah divaksinasi kedua setelah 6 bulan.

“Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya,” ujarnya.

Vaksin Booster Gratis Bagi Masyarakat

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan rencana pemerintah menggelar vaksinasi Corona dosis ketiga atau booster untuk warga. Vaksin booster diberikan mulai 12 Januari 2022.

“Mulai 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1/2022).

Dia mengatakan vaksinasi ketiga penting karena Corona terus bermutasi.

“Pemberian vaksin ini gratis bagi seluruh masyrakat Indonesia,” tuturnya.