Ma’ruf Amin Meminta Pembangunan Hunian Sementara Korban Erupsi Semeru Dipercepat

Berita057 views

Inionline.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengunjungi lokasi hunian sementara (huntara) bagi korban erupsi Semeru di Desa Sumber Mujur, Candipuro, Lumajang. Ma’ruf datang didampingi kepala BNPB, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Gubernur Jatim dan Kapolda Jatim.

Usai tiba di lokasi, Ma’ruf melihat site plan pembangunan hunian sementara yang sebanyak 2.000 rumah di lahan milik perhutani seluas 81 hektar. Ma’ruf juga berdialog dengan perwakilan korban erupsi gunung Semeru.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf meminta proses pembangunan hunian sementara dipercepat sehingga para korban erupsi yang saat ini mengungsi di posko pengungsian segera bisa menempati hunian sementara.

“Saya ke sini melihat persiapan yang sudah dilakukan di lahan untuk relokasi pengungsi. Di sini nantinya akan dibangun sebanyak 2.000 huntara. Huntara yang sudah terbangun nanti akan dilanjutkan dengan pembangunan hunian tetap,” Ma’ruf kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

Di lahan relokasi tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau, pasar, sekolah, sarana olahraga serta kandang peternakan terpadu.

“Selain hunian sementara nanti akan dilengkapi pasar, ruang terbuka, sekolah, tempat olahraga dan usaha peternakan terpadu. Konsepnya semua terpadu yang kita sebut smart village,” pungkas Ma’ruf.

Sementara itu, proses pembangunan hunian sementara ditargetkan selesai dalam waktu satu setengah bulan. Pemkab Lumajang dibantu oleh TNI serta relawan akan melakukan proses pembangunan hunian sementara tersebut.

Usai hunian sementara dibangun nantinya akan dibangun hunian tetap bagi korban erupsi gunung Semeru yang akan dilakukan Kementrian PUPR.

“Kita targetkan satu setengah bulan hunian sementara ini akan selesai dibangun. Proses pembangunan akan dilakukan oleh para relawan dan TNI ” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq.