Mahfudz Abdurrahman: CSR Perlu Bina UMKM dengan Baik

Inionline.id – Corporate Sosial Responsbility (CSR) adalah bentuk tanggung jawab sosial Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki fungsi sebagai perusahaan yang berkomitmen meningkatkan nilai ekonomi, serta berkontribusi terhadap lingkungan dan sosial kemasyarakatan.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota Komisi VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman dalam acara sosialisasi “Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat” yang bertempat di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Minggu (16/012022).

Mahfudz berharap, sosialisasi yang digelar ini dapat mendorong pemanfaatan tanggung jawab sosial perusahaan secara optimal, sehingga dapat memulihkan ekonomi di masa pandemi seperti ini.

Untuk itu, lanjut Mahfudz, CSR perlu menyentuh sektor UMKM, karena sektor tersebut adalah salah satu sektor yang banyak dijalankan oleh masyarakat.

“CSR perlu membina UMKM dengan baik sebagai mitra binaannya, agar masyarakat mendapatkan banyak manfaat,” tegasnya.

Sementara, Eman Suherman selaku Akademisi menyampaikan, penyelenggaraan sosialisasi seperti ini mempunyai arti yang sangat penting pada saat di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung.

Menurut Eman, sosialisasi ini dapat mengedukasi Masyarakat terkait peran CSR itu sendiri bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Kota Depok.

Eman juga mengungkapkan, sesuai dengan amanat UU No. 19 tahun 2003, BUMN memiliki kewajiban untuk menyisihkan sebagian laba usahanya.

“Jadi, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami dengan utuh apa itu Program CSR,” ungkapnya. (Red/*)