Ini 5 Cara Mudah bagi Penderita Sakit Punggung untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak

Kesehatan057 views

Inionline.id – Sakit punggung bisa dialami oleh siapa saja dan disebabkan oleh berbagai hal. Munculnya sakit punggung ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal seperti gaya hidup, cedera, atau adanya masalah kesehatan lain pada diri seseorang.

Rasa sakit yang muncul pada punggung ini juga bisa beragam. Rasa sakit yang muncul bisa beragam mulai akut hingga kronis dan dapat terjadi pada bagian atas atau bawah punggung.

Walau posisi rasa sakit yang terjadi ini bisa beragam, namun hal ini bisa menimbulkan kesulitan dan kesakitan saat tidur. Hal ini terutama pada posisi dan kondisi tertentu.

Munculnya sakit punggung ini bisa sangat mengganggu dan menghambat seseorang untuk tidur secara cukup. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan rasa sakit ini agar kamu memiliki waktu istirahat yang cukup.

Terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh tidur yang cukup di malam hari. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah cara kamu bisa tidur dengan nyenyak walau memiliki masalah punggung.

Ubah Posisi Tidur

Sakit punggung bisa disebabkan oleh postur dan posisi tidur yang buruk. Perubahan posisi tidur bisa kamu lakukan untuk mendapat tidur yang nyenyak walau mengalami sakit punggung.

– Tidur miring dengan bantal di antara lutut agar pinggang, pinggul, dan tulang belakang dalam posisi tepat.

– Jika kamu terbiasa tidur telungkup, letakkan bantal di bawah perut untuk mengurangi tekanan di kepala.

– Jika kamu biasa tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut agar berat badan terdistribusi dengan baik.

Ganti Kasur dan Lakukan Terapi Panas atau Dingin

Ganti Kasur

Kasur yang kamu gunakan memegang peran yang sangat besar terhadap kualitas tidur yang kamu miliki. Pada seseorang yang memiliki sakit punggung bagian bawah, disarankan untuk tidur di atas kasur yang keras. Kasur yang terlalu lembut bisa sebabkan meningkatnya sakit punggung yang kamu alami.

Lakukan Terapi Panas atau Dingin

Meletakkan es pada lokasi sakit punggung bisa mengurangi peradangan dan pembengkakkan. Hal ini juga bisa membantu untuk mengatasi rasa sakit yang muncul.

Kantung hangat juga bisa membantu mengatasi rasa sakit ini. Rasa hangat ini bisa melancarkan aliran darah di sekitar punggung dan memungkinkan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang masuk ke otot untuk mempercepat penyembuhan.

Gunakan Obat Pereda Sakit

Gunakan Obat Pereda Sakit

Obat pereda sakit jenis tertentu bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah punggung yang kamu alami. Pilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhanmu untuk mengatasi dan meredakan masalah punggung ini.

Perhatikan Kebiasaan Sebelum Tidur

Seperti masalah tidur lain, berbagai kebiasaan sebelum tidur perlu sangat diperhatikan. Perhatikan untuk mengurangi konsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur karena gangguan tidur yang muncul bisa malah menimbulkan masalah punggung.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu terapkan agar tidur dengan nyenyak di malam hari. Dengan menerapkan sejumlah hal tersebut, sakit punggung yang kamu alami tak akan jadi halangan untuk tidur nyenyak.