Cara Membuat Donat Agar Mengembang dengan Sempurna

Inionline.id – Camilan ini biasanya berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengahnya dan topping yang beraneka ragam. Makin ke sini, donat dibuat makin bervariasi lagi, mulai dari bentuk, ukurannya, campuran adonannya.

Ada donat yang dicampurkan kentang di adonan, ada donat dengan ukuran kecil yang disebut donat mini. Ada juga donat yang namanya bomboloni, yaitu donat isi ala Italia yang kini jadi favorit banyak orang.

Untuk membuatnya sebenarnya nggak sulit kok, hanya memang kamu perlu tahu tips and trick-nya. Salah satu tips and trick dalam pembuatan donat adalah yang berkaitan dengan proses mengembangnya ragi, biar donat nggak bantet.

Nah, jika kamu mau bikin donat sendiri di rumah, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, biar hasil donatmu mengembang sempurna.

1. Tekstur Donat yang Lembut
Untuk menghasilkan donat dengan tekstur yang lembut, pastikan kamu mengaduk adonan sampai kalis. Ini adalah langkah awal untuk menghasilkan donat dengan tekstur yang sempurna.

2. Istirahatkan Adonan
Setelah kamu mengaduk adonan sampai kalis, saatnya membuat ragi menjalankan pekerjaannya, yaitu mengembangkan adonan. Proses ini menjadi penting, maka dari itu kamu harus menutup adonan sekitar 30-60 menit. Pastikan adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran semula. Kamu bisa menutup adonan dengan wadah dengan kain lap basah atau menggunakan plastik wrap.

3. Keluarkan Udara Dalam Adonan
Setelah didiamkan selama 30-60 menit, pastikan kamu mengempiskan adonan untuk mengeluarkan udara dalam adonan. Kamu bisa mengempiskannya dengan kepalan tangan dan menguleni adonan sebentar agar tercampur rata.

Chef Devina dalam akun Youtubenya menjelaskan, adonan dapat diuleni sampai lembut dan elastis, kemudian diistirahatkan kembali sekitar lima menit, tanpa ditutup dengan plastik wrap atau lap basah.

4. Persiapan Menggoreng
Setelah donat dibentuk sesuai keinginan, pastikan kamu sudah menyiapkan wajan berisi minyak goreng. Ketika menggoreng donat, minyak disarankan lebih banyak agar donat dapat mengembang.

Tahap selanjutnya, panaskan minyak dengan api kecil. Untuk mengetahui apakah minyak tersebut sudah panas, Chef Devina menyarankan untuk menggunakan sumpit kayu yang dicelupkan ke dalam minyak.

Jika minyak sudah panas, sumpit tersebut akan mengeluarkan buih-buih kecil di sekitarnya. Kemudian masukkan donat satu per satu. Ingat, dalam satu wadah tersebut, hindari menggoreng donat dalam jumlah banyak.